Advertisement

Penumpang YIA Diyakini Bakal Melonjak

Anisatul Umah
Kamis, 19 Mei 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Penumpang YIA Diyakini Bakal Melonjak Para pelaku perjalanan melalui YIA, Kulonprogo, Rabu (11/5/2022). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) menyebut pelonggaran syarat terbang akan mendorong peningkatan jumlah penumpang di YIA. Namun berapa persen peningkatannya masih belum dipastikan.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Ike Yutiane Purwanita mengatakan saat ini jumlah penumpang di Bandara YIA masih stabil di angka 10.000-an per hari.

"Semakin mudah persyaratan terbang, pastinya akan berdampak positif pada dunia penerbangan," ungkapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (19/05/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Angka 10.000-an penumpang per hari menurutnya belum maksimal. Pasalnya kapasitas bandara mencapai 20 juta per tahun atau sekitar 50.000 per hari. Jumlah penumpang yang masih 10.000-an artinya baru 20% dari kapasitas.

"Dari kapasitas semua ini masih kurang sebenarnya, untuk kapasitas bandara. Tapi dengan adanya pelonggaran tidak ada syarat antigen atau PCR asal sudah vaksin akan berdampak positif," lanjutnya.

BACA JUGA: Bakpia Mendadak Trending, Keberadaan Varian Kukus Diributkan

Meski masih di angka 10.000-an kondisi ini jauh lebih baik dari saat pandemi, di mana penumpang hanya di kisaran 4.000-5.000 saja. Terjadi kenaikan sekitar 50 persen - 60 persen.

Saat ini menurutnya rata-rata okupansi pesawat sudah di atas 80 persen. Dengan terus meningkatnya jumlah penumpang akan mendorong maskapai untuk menambah jumlah penerbangan dan rute.

"Okupasi rata-rata di atas 80 persen," tuturnya.

Advertisement

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan pelonggaran syarat naik pesawat akan mendorong peningkatan penerbangan ke luar Jawa.

"Sementarra di Jawa banyak yang beralih menggunakan tol dan kereta api," jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement