Advertisement

Hingga Akhir Tahun, Rp5 Triliun Dana Dikucurkn untuk Lahan Tol Jogja-Solo

Abdul Hamied Razak
Selasa, 24 Mei 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
 Hingga Akhir Tahun, Rp5 Triliun Dana Dikucurkn untuk Lahan Tol Jogja-Solo Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pejabat Pembuat komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo wilayah DIY, Dian Hardiyansyah menyatakan alokasi dana pembebasan lahan jalan tol Jogja-Solo hingga akhir tahun ini sebesar Rp5 triliun.

Hanya saja, sampai bulan keenam tahun ini yang disiapkan hanya sebesar Rp1,1 triliun baik tol Jogja Solo yang melewati DIY maupun Jawa Tengah. "Kami kejar penyerapannya sampai Juni ini agar kami bisa mengajukan kembali," katanya, Selasa (24/5/2022) kepada harianjogja.com.

Terkait dana pembebasan lahan di seksi 3 yakni jalan tol Jogja-Kulonprogo, lanjut Dian, menunggu perkembangan. Sebab alokasi dana yang disediakan difokuskan pada pembebasan lahan di seksi 1 dan 2. "Karena yang dilakukan [pembebasan lahan] saat ini seksi 1 dan 2. Kalau seksi 3, pembebasannya, kami belum jamin di bulan kapan karena masih berproses. Namun sebagian kecil [lahan yang dibebaskan] ada di seksi 3," katanya.

BACA JUGA: Bocor! Pengadaan Antigen di Kemenkes Melebihi Kebutuhan sampai Rp314 Miliar

Adapun proses pengadaan dan pembebasan lahan jalan tol Jogja-Solo baik seksi 1 maupun seksi 2 terus dilakukan. Adapun untuk seksi 3 masih dilakukan sejumlah persiapan.

Terakhir, pihaknya baru mengajukan proses pembayaran lahan terdampak bagi warga Tamanmartani ke LMAN. Pengajuan pembayaran yang diajukan ke LMAN baru 67 bidang dari 140 bidang lahan yang dibutuhkan.

"Biasanya prosesnya menunggu antara 3 minggu sampai satu bulan. Untuk Purwomartani kami sedang melengkapi pemberkasannya, semoga akhir Mei ini kami bisa mengajukan pembayaran [ke LMAN]," katanya.

Untuk Tol Jogja Solo seksi 2, katanya, proses inventarisasi, identifikasi dan validasi data lahan terus berjalan. Hasil identifikasi yang dilakukan baik di Tirtoadi, Tlogoadi, dan Trihanggo dari Satgas A dan Satgas B masih menunggu diumumkan kepada warga.

"Kami masih menunggu pengumuman dari Tim P2T (Tim Panitia Pengadaan Tanah). Setelah diumumkan, setelah itu ada tim apprasial kemudian musyawarah warga. Jadi masih ada beberapa tahapan," katanya.

Disinggung soal seksi 3 yang menghubungkan Jogja-Kulonprogo, Dian mengatakan masih dalam persiapan. Surat dokumen perencanaan dari Dirjen Bina Marga PUPR sudah diserahkan ke Pemda DIY. Terkait kensesuaian pemanfaatan ruang, kata Dian, tinggal menunggu suratnya keluar dari Kementerian ATR.

Advertisement

"Kami masih menunggu tindak lanjut pembentukan tim persiapan [pengadaan lahan] dan mulai sosialisasi kepada warga. Sebab ini merupakan kewenangan Pemda DIY," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPDB Jawa Tengah Tahun Ajaran 2022/2023 Segera Berakhir

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement