Advertisement

Kesederhanaan Buya Syafii: Ketika Diundang Tak Mau Dijemput & Jalan Sendiri

Sunartono
Jum'at, 27 Mei 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Kesederhanaan Buya Syafii: Ketika Diundang Tak Mau Dijemput & Jalan Sendiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjenguk langsung sesepuh sekaligus ulama senior Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif di kediamannya, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Hidup sederhana memang sudah melekat di sosok Buya Syafii Maarif. Banyak tokoh yang memberikan kesaksian tentang aktivitasnya yang selalu ingin dianggap sebagai rakyat biasa yang tak perlu di diistimewakan.

Kesaksian itu disampaikan oleh Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom seusai memberikan penghormatan terakhir jenazah Buya di Masjid Gede Kauman. Gomar mengaku dalam berbagai kesempatan mengundang Buya untuk mengisi seminar sebagai pembicara utama, tak pernah bersedia dijemput.

Advertisement

Padahal panitia sebenarnya menyediakan fasilitas penjemputan. Namun Buya justru memilih untuk naik kereta api dan melanjutkan berjalan atau menggunakan transportasi lain ketika menuju tempat acara berlangsung.

BACA JUGA: PPDB SMA/SMK DIY: Tempat Tinggal Radius 300 Meter dari Sekolah Otomatis Lolos

"Kemana pun kami mengundang beliau selalu naik Kereta Api tidak mau dijemput. Bahkan ketika sampai di stasiun ke tempat acara selalu mengusahakan jalan sendiri, kami mau menjemput, beliau tidak mau dengan mengatakan tidak usah," katanya.

Karena itulah bagi Gomar, wafatnya Buya bukan saja umat muslim yang merasa kehilangan namun seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya banyak pengalaman dengan beliau kerendahan hatinya untuk mau bergaul dengan semua orang tanpa memandang jabatan, kesederhanaan selalu tampak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement