Advertisement

Dalang Cilik Jogja Beraksi di Festival Dalang Anak dan Remaja Jogja

Sirojul Khafid
Rabu, 08 Juni 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Dalang Cilik Jogja Beraksi di Festival Dalang Anak dan Remaja Jogja Salah satu dalang cilik sedang memainkan cerita dengan wayangnya di di Ndalem Ngabean, Patehan, Kraton, Kota Jogja, Selasa (7/6/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 10 anak dan 10 remaja mengikuti Festival Dalang Anak dan Remaja yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Jogja. Dalam festival yang digelar pada 6-7 Juni 2022, para dalang cilik yang memakai pakaian Jawa ini beraksi di Ndalem Ngabean, Kelurahan Patehan, Kraton, Kota Jogja.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti, mengatakan festival tersebut digelar untuk meregenerasi dalang. Kegiatan itu, kata dia, dilakukan Untuk memberikan motivasi, membangkitkan kreativitas, serta kecintaan generasi muda terhadap seni pedalangan pada masa kini.

Advertisement

“Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan karena berguna sebagai media pelestarian pengembangan dan aplikasi nilai-nilai budaya luhur khususnya masyarakat Kota Jogja melalui seni pedalangan,” kata Yetti, dalam keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (8/6/2022).

BACA JUGA: Masalah Tenaga Kerja Dibawa ke Pengadilan, SPSI DIY: Itu Akal-akalan Pengusaha

Juara yang dipilih yaitu peserta dengan nilai tertinggi berdasarkan penilaian dewan juri pada kriteria penilaian sabet, catur, sanggit, iringan, dan penyajian saat pendalangan.

"Peserta yang berhasil menjadi Juara I nantinya akan mewakili Kota Jogja dalam Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja Tingkat DIY," katanya.

Yetti berharap dengan adanya Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja Tingkat Kota Jogja, seni mendalang semakin berkembang dan lestari. Terlebih kesenian pedalangan bukan hanya berupa tontonan, namun juga mengandung pesan-pesan, filosofi, serta tuntunan.

Salah satu peserta, dalang anak Ivo Lanta Sang Kesawa mengaku sangat senang dan baru pertama mengikuti festival dalang semacam ini. ''Baru pertama ikut lomba dalang, senang bisa ikut festival dalang ini," kata dalang cilik berusia sembilan tahun itu.

Terpilih sebagai juara dalam Kategori Remaja yakni Juara I diraih oleh Ebenheser Wahyu Armanto, dan Juara II diraih oleh Dzul Fadhlil Azhim. Untuk Kategori Dalang Anak Juara I diraih oleh Adimas Alby Ersani Widyaputra, Juara II Ivo Lanta Sang Kesawa, dan Juara III Keefe Juris Privian. Untuk Juara Harapan I diraih oleh Rafael Windrasto Satrio Adhi dan Juara Harapan II diraih oleh Alfariel Augusto Wijonarko.

Masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan dengan rincian Juara I mendapatkan Rp 5 Juta, Juara II Rp 4,5 Juta, Juara III Rp 4 Juta, Juara IV mendapatkan Rp 3,5 Juta serta Juara V mendapatkan Rp 3 Juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement