Advertisement

Duh...Sebaran PMK di Sleman Mendekati 2.000 Kasus

Abdul Hamied Razak
Kamis, 16 Juni 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Duh...Sebaran PMK di Sleman Mendekati 2.000 Kasus Ilustrasi penjualan hewan kurban. - Bisnis/Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Sleman terus menyebar. Hingga Kamis (16/6) tercatat sebanyak 1.974 kasus dengan rincian 20 kasus sembuh, 9 mati dan 1.945 kasus masih dalam proses penyembuhan.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman Suparmono menjelaskan hingga kini Pemkab masih menunggu kiriman vaksin PMK dari pusat. Dinas, lanjutnya, telah mengajukan sebanyak 97.050 dosis vaksin PMK ke Pusat. Namun demikian, katanya, jatah vaksin PMK yang akan diterima pada tahap awal hanya 1.000 dosis.

Advertisement

"Itupun Pusat meminta pemberian vaksin dilakukan skala prioritas yakni diperuntukkan untuk sapi perah. Dalam waktu dekat, vaksin akan diterima. Ya paling telat minggu depan (digelar kegiatan vaksinasi)," kata Suparmono, Kamis (16/6/2022).

Sembari menunggu datangnya vaksin PMK, DP3 Sleman juga menyiapkan sejumlah langkah. Mulai peralatan pendukung vaksin PMK hingga petugas yang akan melaksanakan vaksinasi. Para vaksinaator ini dilatih di Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates.

BACA JUGA: Kontroversi Mendag Zulkifli Hasan, Didamprat Aktor Hollywood Hingga Juara Obral Izin Pembukaan Hutan

"Kemarin dari Balai Karantina Pertanian Jogja sudah mengecek kesiapan rantai dingin vaksin dari Pusat, Provinsi Kabupaten hingga di tingkat Puskeswan. Semua sudah siap," kata Pram.

Berdasarkan data dari siagapmk.id Kamis (16/6/2022), jumlah kasus PMK di wilayah Sleman terus bertambah. Tercatat hewan ternak yang terpapar PMK sebanyak 1.974 kasus. Dari jumlah tersebut, 20 kasus dinyatakan sembuh, sembilan kasus mati dan sebanyak 1.945 kasus aktif.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP3 Sleman Sri Rahayu Saddyahsih Nawang Wulan mengatakan kecepatan respons dan penelusuran oleh petugas teknis kesehatan hewan serta didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia dan pusat kesehatan hewan itu yang menyebabkan temuan kasus PMK di Sleman tinggi.

"Kami terus berupaya melakukan penanganan PMK. Koordinasi dengan sejumlah pihak terus dilakukan. Kami juga meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan menjelang Idul Adha," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement