Advertisement

G20 Tinjau Pelayanan HIV dan TB di Puskesmas Banguntapan 1

Lugas Subarkah
Selasa, 21 Juni 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
G20 Tinjau Pelayanan HIV dan TB di Puskesmas Banguntapan 1 Executive Director Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria (GFATM), Peter Sands dan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengunjungi Puskesmas Banguntapan 1, Selasa (21/6/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Executive Director Global Fund to Fight AIDS Tuberculosis and Malaria (GFATM), Peter Sands dan Wakil Menteri Kesehatan Indonesia Dante Saksono Harbuwono mengunjungi Puskesmas Banguntapan 1, Bantul, Selasa (21/6/2022). Kunjungan ini adalah rangkaian kegiatan G20 The 1st Health Ministers Meeting yang berlangsung di Jogja.

Peter Sands nenuturkan dalam kunjungan ini ia ingin memastikan pelayanan kesehatan khususnya AIDS, TB dan malaria berlangsung di Puskesmas 1 Banguntapan. “Kami telah melihat secara langsung bagaimana fasilitas kesehatan dan komunitas [sukarelawan] bekerja sama untuk berjuang melawan AIDS, TB dan malaria,” katanya.

BACA JUGA: Minim Pendaftar, SDN Nolobangsan Gratiskan Seragam Olahraga

GFATM berkomitmen melanjutkan kerja sama dengan negara rekanan termasuk Indonesia untuk melawan ketiga fokus penyakit tersebut.

“Apa yang kita lihat hari ini adalah demonstrasi dalam melawan penyakit adalah tentang penggunaan teknologi yang bagus seperti molecular testing dan lainnya,” ungkapnya.

Selain sains dan teknologi, perjuangan melawan penyakit juga perlu dilakukan dengan berbagai eduksi kepada masyarakat. Stigma terhadap beberapa penyakit termasuk AIDS menurutnya menjadi salah satu penghambat penananganan penyakit ini.

Dante Saksono Harbuwono mengatakan selama ini Indonesia sudah berkolaborasi dengan GFATM untuk mendukung upaya prefentif pencegahan TB, AIDS dan malaria. “Program ini bukan hanya treatment tapi juga edukasi dan tracing yang juga penting,” ungkapnya.

Ia berharap ini pemerintah Indonesia dapat meniadakan TB pada 2030.

“Kunjungan ini memberikan bukti bahwa kami melaksanakan bantuan-bantuan tersebut secara tepat guna terutama di daerah-daerah yang memerlukan,” katanya.

Kepala Puskesmas Banguntapan 1, Sigit Hendro Sulostiyo, mengatakan Puskesmas Banguntapan 1 merupakan satu dari empat puskesmas di Bantul yang memiliki layanan pada pasien HIV dan TB. “Puskesmas sudah melayani pengobatan HIV dan pengambilan ARV,” ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA: Digelar di Candi Prambanan, Pesta Paduan Suara Gerejawi Jadi Simbol Kerukunan Umat Beragama

Di puskesmas ini juga terdapat laboratorium yang bisa melayani tes VCT. Saat ini ada delapam pasien HIV yang dilayani di Puskesmas Banguntapan 1. Mereka mendapatkan layanan konseling dan edukasi agar dapat minum obat secara teratur.

“Kemudian ada juga layanan laboratorium PCM atau tes cepat molekuler. Kami menerima sampel baik dari poli kami, juga dari luar, puskesmas, rumah sakit swasta, dan negeri. Kurang lebih enam rumah sakit dan klinik yang pengiriman sampelnya ke sini,” kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement