Advertisement

Penyakit Kencing Tikus Merebak! Jangan Khawatir, ALat Pendeteksi Tersedia di Puskesmas

Ujang Hasanudin
Selasa, 21 Juni 2022 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Penyakit Kencing Tikus Merebak! Jangan Khawatir, ALat Pendeteksi Tersedia di Puskesmas Ilustrasi leptospirosis, - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho menyatakan alat pendeteksi penyakit leptospirosis atau Rapid Diagnostic Test (RDT) leptospirosis sudah tersedia di semua puskesmas di Bantul

“Untuk ketersediaan diagnostik memakai rapid lepto ada di semua puskesmas. Rumah sakit juga bisa minta ke Dinas Kesehatan,” kata Abednego, Selasa (21/6/2022). Bahkan jika rumah sakit merasa kekurangan bisa langsung mengajukan ke Dinas Kesehatan Bantul karena stok di Dinas Kesehatan Bantul maupun Dinas Kesehatan DIY mencukupi.

Advertisement

Selain memastikan alat deteksi leptospirosis tersedia, pihaknya juga sudah mengeluarkan edaran Kepala Dinas Kesehatan Bantul ke seluruh puskesmas untuk lebih waspada terkait penyakit leptospirosis dengan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dan masyarakat tidak menganggap enteng penyakit yang disebabkan sebagain besar melalui air kencing tikus tersebut.

BACA JUGA: Dua Warga Kota Jogja Meninggal Dunia karena Leptospirosis

Jika masyarakat mengalami gejala demam ringan dalam waktu yang lama, nyeri betis, apalagi jika disertai ikterik atau kuning agar segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat, “Yang pasti deteksi sedini mungkin itu penting,” ucap Abednego.

Kepala Puskesmas Sanden, Suyatmi mengatakan di wilayah Sanden selama tahun ini belum ditemukan kasus leptospirosis, namun demikian pihaknya kerap melakukan edukasi pada masyarakat bersamaan dengan kewaspadaan masalah kesehatan lainnya. Ia juga memastikan RDT leptospirosis cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! KPK Resmi Tetapkan 2 Orang Tersangka Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PGN

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement