Advertisement

Kaisar Jepang Beri Penghargaan kepada Sri Sultan HB X, Ini Alasannya

Sunartono
Selasa, 28 Juni 2022 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Kaisar Jepang Beri Penghargaan kepada Sri Sultan HB X, Ini Alasannya Gubernur DIY Sri Sultan HB X (kiri) menerima penghargaan dari Kaisar Jepang yang diserahkan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, di Jakarta, Selasa (28/6) malam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X menerima penghargaan Bintang Tanda Jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang.

Sultan dinilai sebagai tokoh yang berkontribusi penting terhadap hubungan diplomatik Jepang dengan Indonesia. Penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi di Jakarta, Selasa (28/6) malam.

BACA JUGA: Beli Pertalite Pakai Aplikasi Perlu Disosialisasikan Maksimal ke Warga Jogja

Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi mengungkap Pemda DIY telah menandatangani kesepakatan persahabatan dengan Prefektur Kyoto pada 1985. Pemda juga secara aktif terlibat dalam pertukaran budaya dengan Prefektur Kyoto, yang juga merupakan kota kaya akan budaya dan tradisi di Jepang.

Dia mencatat, Sultan HB X telah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Jepang, di antaranya pada momentum penting di 2008 bertepatan dengan peringatan hubungan diplomatik Indonesia Jepang ke-50. Pada 2015 diperingati pula 30 tahun kesepakatan persahabatan antara DIY dengan Kyoto.

"Hubungan persahabatan antara DIY dan Kyoto telah dilakukan melalui sejumlah pertukaran budaya dan ekonomi serta di berbagai bidang yang lain. Selain itu, Yang Mulia Sri Sultan HB X juga mendukung penyelenggaraan acara heritage walk di DIY, di mana pada saat itu banyak warga Jepang turut berpartisipasi," katanya Selasa malam.

Dia menambahkan Sultan juga mendukung kelancaran penerimaan bantuan dari Jepang saat bencana gempa bumi terjadi di Bantul, DIY, pada 2006. Selain itu, Sultan juga ikut berkontribusi dalam acara amal saat gempa bumi besar melanda Jepang bagian timur.

BACA JUGA: Laboratorium di DIY Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

Melalui kegiatan itu, Sultan dinilai ikut mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia di bidang olahraga, pencegahan bencana dan tanggap bencana.

"Saya sangat gembira bahwa Yang Mulia yang telah sejak lama bekerja keras guna mempromosikan pertukaran dan saling pengertian antara kedua negara berdasarkan kepercayaan dan persahabatan yang erat terhadap Jepang," ucapnya.

Advertisement

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan rasa terima kasih kepada Kaisar Jepang yang telah menganugerahkan bintang tanda jasa. Penghargaan itu merupakan kehormatan tidak hanya bagi diri pribadi, tetapi juga masyarakat DIY khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan hubungan dan interaksi antar masyarakat di Jepang dan Indonesia, selaras dengan saling pengertian antara kedua negara," kata Sultan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement