Advertisement

Catat! Setelah Liburan Sekolah, Siswa Akan Diskrining Covid-19

Anisatul Umah
Senin, 04 Juli 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Catat! Setelah Liburan Sekolah, Siswa Akan Diskrining Covid-19 Ilustrasi salah satu siswa SD diinjeksi vaksin Sinovac dosis pertama di XT Square, Kemantren Umbulharjo, Jogja. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman akan melakukan tes Covid-19 pada siswa di Sleman pascalibur sekolah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan tes Covid-19 ini akan dilakukan secara acak pada 10% siswa di Sleman.

Advertisement

"Iya benar, rencana saat awal tahun ajaran baru kami melakukan itu [pengecekan Covid-19]," ucapnya kepada Harianjogja.com, Senin (4/7/2022).

BACA JUGA: Rayakan Ulang Tahun Ke-5, Ren Florist Gelar Folkatory

Menurutnya di dalam pelaksanaan pengetesan Covid-19 nantinya, pengambilan sampel akan dibagi dengan puskesmas yang membawahi sekolah-sekolah tersebut.

Potensi peningkatan kasus menurutnya ada karena selama libur sekolah saat berada di rumah dan di lingkungan cenderung bebas tanpa protokol kesehatan. Sehingga kekhawatiran peningkatan kasus mungkin terjadi.

"Saran dan edukasi yang harus terus disampaikan kepada masyarakat di masa liburan adalah tetap melaksanakan protokol kesehatan," jelasnya.

Khususnya protokol kesehatan utama yakni memakai masker, cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan. "Rencana [pengecekan] seperti kabupaten lain adalah dengan random sampling dari total sekolah yang ada. 10% [sampling]," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Ponidi mengatakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekolah masih akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selepas libur sekolah. "Kami tetap prokes, tetap jalan," ucapnya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement