Advertisement

Babarsari Rusuh, Ini Saran JPW untuk Polisi

Anisatul Umah
Selasa, 05 Juli 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Babarsari Rusuh, Ini Saran JPW untuk Polisi Ilustrasi. - Reuters/Mussa Qawasma

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Jogja Police Watch (JPW) mengecam terjadinya kerusuhan kawasan Seturan dan Babarsari, Sleman. Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba mengatakan suatu hal yang diselesaikan dengan cara kekerasan, tidak akan menyelesaikan persoalan, namun menambah masalah baru.

Dia meminta agar kasus ini diusut tuntas, siapapun yang terlibat harus diproses secara adil, transparan, dan profesional. Kepolisian tidak boleh kalah dengan aksi premanisme dan anarkisme oleh siapapun.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Mengecam segala tindakan kekerasan dalam bentuk dan alasan apapun," ucapnya, Selasa (05/07/2022).

BACA JUGA: Terjebak di Dalam Kantor, Seorang Remaja Jadi Korban Kerusuhan di Babarsari

Menurutnya perlu dilakukan upaya pencegahan dini agar kasus serupa tidak terulang kembali. Upaya pencegahan bisa dilakukan melalui kepekaan aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian atas potensi terjadinya konflik massa.

Tidak hanya di daerah Seturan dan Babarsari saja, namun pencegahan juga perlu dilakukan di tempat lainnya. Kemudian kepala daerah yang ada di provinsi dan kabupaten perlu secara rutin melakukan dialog dengan mahasiswa atau pelajar luar daerah.

"Karena setiap perkumpulan pasti ada paguyubannya masing-masing dan ada sesepuhnya yang dituakan jadi panutan. Kehadiran kepala daerah itu sangat diperlukan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah daerah juga perlu secara rutin melakukan razia terhadap operasional tempat hiburan malam yang ada di wilayah DIY. Apabila terjadi pelanggaran, langsung dilakukan tindakan tegas.

"Siapa pun dan darimana asal kita harus menjunjung tinggi yang namanya 'dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung'," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Motor Ditemukan di Pasar, Gadis Asal Boyolali Akhirnya Pulang ke Rumah

News
| Selasa, 31 Januari 2023, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement