Advertisement

Penataan Alun-Alun Wonosari Telan Dana Rp918 Juta, Begini Konsepnya

David Kurniawan
Minggu, 10 Juli 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Penataan Alun-Alun Wonosari Telan Dana Rp918 Juta, Begini Konsepnya Ilustrasi Alun-Alun Wonosari saat dipakai upacara. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Pemkab Gunungkidul berencana menata kawasan Alun-Alun Kota Wonosari di tahun ini. Total biaya penataan yang dialokasikan mencapai Rp918 juta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan upaya penataan kawasan alun-alun terus dilakukan. Selain itu, perencaan pembangunan juga terus dikonsultasikan dengan bupati. “Untuk pohon beringin kembar akan tetap dipertahankan,” kata Rahkmadian kepada wartawan, Sabtu (9/7/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Kalurahan di Semin Ini Kian Hijau, 5.000 Bibit Pohon Ditanam Serempak

Menurut dia, total anggaran penataan yang disedikan mencapai Rp918 miliar. Rencananya sejumlah titik akan ditata mulai dari jogging track digeser lebih ke utara hingga merapikan pohon-pohon yang mengelilingi alun-alun.

Selain itu, juga ada rencana memindahkan tulisan alun-alun ke dalam area lapangan. Alasan pemindahan agar tidak mengganggu di luar dan tidak terlihat sumpek di pinggir jalan. “Untuk konsep penataan masih terus dimatangkan,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan ini menambahkan, juga ada rencana meratakan lapangan di alun-alun. Hasil identifikasi diketahui area lapangan di sisi barat sudah mulai menurun sehingga dibutuhkan pengurukan agar kedua sisi rata. “Ya kalau sekarang lebih tinggi sisi timur, maka butuh peninggian di sisi barat agar seimbang dan terlihat rata,” katanya.

Rakhmadian berharap kawasan atau taman terbuka hijau di Gunungkidul semakin bertambah. Di sisi lain, ada keindahan di kawasan kota yang menarik warga untuk berkunjung untuk sekadar bersantai maupun olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement