Advertisement

Takbir Keliling di Wonosari Tak Boleh Masuk Kawasan Alun-Alun

Triyo Handoko
Minggu, 01 Mei 2022 - 22:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Takbir Keliling di Wonosari Tak Boleh Masuk Kawasan Alun-Alun Takbir keliling di Jl. KH Agus Salim, Wonosari, yang diarahkan untuk tidak memasuki kawasan Alun-Alun, Minggu (1/5/2022).-Triyo Handoko - Harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Rekayasa lalu lintas (lalin) diberlakukan di Wonosari Gunungkidul. Peserta takbir keliling dilarang konvoi memasuki kawasan Alun-Alun. Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Gunungkidul Kompol Sunarto menyebut rekayasa lalin tersebut diambil untuk mengantisipasi kemacetan. “Takbiran sekarang kan banyak yang melakukannya dengan konvoi, takutnya kalau tidak diatur nanti bisa menumpuk pada satu titik dan bisa macet parah,” katanya, Minggu (1/5/2022).

Untuk itu dilakukan penutupan  dari arah barat di Jl. KH Agus Salim depan simpang tiga Pegadaian. Dari arah utara ditutup di depan Taman Kuliner Wonosari. Dari arah selatan ditutup di depan SMKN 1 Wonosari. Terakhir, dari arah timur ditutup di depan Pasar Argosari.

Advertisement

“Penutupan hanya dilakukan untuk rombongan takbir keliling, masyarakat umum bisa melewatinya,” jelas Sunarto.

Penutupan jalan menuju Alun-Alun direspons dengan positif oleh berbagai panitia takbir keliling. Misalnya, Nurul Hanafi, Ketua Angkatan Remaja Masjid (Arisma) Nurul Huda Kepek.

“Bagi kami tak masalah, malah bagus karena bisa cari rute baru dan mencegah macet,” kata Nurul.

Nurul menambahkan rekayasa tidak masalah asal masih diperbolehkan untuk takbir keliling. “Karena dua tahun kemarin kan tidak ada takbir keliling,” ujarnya.

Sama seperti Nurul, Risnada Okta panitia takbir keliling Arisma Al-Mubaroq juga tak mempermasalahkan kebijakan tersebut. “Tujuannya kan bagus untuk mengantisipasi macet, jadi enggak masalah,” ujar Risnanda.

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement