Advertisement

Gatal Setelah Menyentuh Ubur-Ubur, Jangan Panik! Petugas SAR Bagikan Tipsnya

David Kurniawan
Minggu, 10 Juli 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Gatal Setelah Menyentuh Ubur-Ubur, Jangan Panik! Petugas SAR Bagikan Tipsnya Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Ubur-ubur sudah mulai terlihat di kawasan pantai Gunungkidul sejak Sabtu (9/7/2022). Hingga kini, tercatat sudah 14 wisatawan menjadi korban hewan yang biasa disebut impes itu.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan obat-obatan untuk penanganan korban sengatan ubur-ubur saat ini masih tersedia, meski memang jumlahnya tidak banyak.

BACA JUGA: 1,3 Hektare Perbukitan di Gunungkidul Disita karena Korupsi Perum Perindo

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Selain itu, juga ada tabung oksigen untuk membantu pernafasan karena efeknya bisa mengalami sesak nafas bagi korban yang kondisinya tidak fit. “Kami mengimbau agar tidak menyentuh hewan ini karena bisa berhaya, khususnya bagi anak-anak,” katanya, Minggu (10/7/2022).

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Surisdiyanto mengatakan serangan ubur-ubur acap terjadi pada Mei hingga akhir Agustus. Hal ini disebabkan adanya perubahan suhu di laut sehingga kawanan ubur-ubur ini mencari tempat yang lebih hangat dengan cara migrasi.

Meski demikian, sambung Suris, prosesnya tidak berjalan dengan lancar karena tertiup angin sehingga menepi. “Kalau di tengah tidak masalah, tapi kalau di pinggir bisa berbahaya. Sebab, orang yang menyentuhnya bisa tersengat bisa menyebabkan kepanasan, gatal-gatal hingga sesak nafas,” katanya.

Meski begitu, pengunjung yang tidak sengaja menyentuh atau bersenggolan saat bermain di pantai, dia meminta untuk tidak panik. Langkah pertama bisa dilakukan dengan membasuh di area tersengat menggunakan air laut maupun air tawar. Apabila ada keluhan sakit, diminta segera menghubung petugas SAR di posko terdekat guna mendapatkan pertolongan pertama.

“Untuk mengurangi risiko, bisa segera ganti baju setelah terkena sengatan. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap hangat, maka rasa sakit dari sengatan bisa dikurangi,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 27 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement