Advertisement

Gatal Setelah Menyentuh Ubur-Ubur, Jangan Panik! Petugas SAR Bagikan Tipsnya

David Kurniawan
Minggu, 10 Juli 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Gatal Setelah Menyentuh Ubur-Ubur, Jangan Panik! Petugas SAR Bagikan Tipsnya Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Ubur-ubur sudah mulai terlihat di kawasan pantai Gunungkidul sejak Sabtu (9/7/2022). Hingga kini, tercatat sudah 14 wisatawan menjadi korban hewan yang biasa disebut impes itu.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan obat-obatan untuk penanganan korban sengatan ubur-ubur saat ini masih tersedia, meski memang jumlahnya tidak banyak.

Advertisement

BACA JUGA: 1,3 Hektare Perbukitan di Gunungkidul Disita karena Korupsi Perum Perindo

Selain itu, juga ada tabung oksigen untuk membantu pernafasan karena efeknya bisa mengalami sesak nafas bagi korban yang kondisinya tidak fit. “Kami mengimbau agar tidak menyentuh hewan ini karena bisa berhaya, khususnya bagi anak-anak,” katanya, Minggu (10/7/2022).

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Surisdiyanto mengatakan serangan ubur-ubur acap terjadi pada Mei hingga akhir Agustus. Hal ini disebabkan adanya perubahan suhu di laut sehingga kawanan ubur-ubur ini mencari tempat yang lebih hangat dengan cara migrasi.

Meski demikian, sambung Suris, prosesnya tidak berjalan dengan lancar karena tertiup angin sehingga menepi. “Kalau di tengah tidak masalah, tapi kalau di pinggir bisa berbahaya. Sebab, orang yang menyentuhnya bisa tersengat bisa menyebabkan kepanasan, gatal-gatal hingga sesak nafas,” katanya.

Meski begitu, pengunjung yang tidak sengaja menyentuh atau bersenggolan saat bermain di pantai, dia meminta untuk tidak panik. Langkah pertama bisa dilakukan dengan membasuh di area tersengat menggunakan air laut maupun air tawar. Apabila ada keluhan sakit, diminta segera menghubung petugas SAR di posko terdekat guna mendapatkan pertolongan pertama.

“Untuk mengurangi risiko, bisa segera ganti baju setelah terkena sengatan. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap hangat, maka rasa sakit dari sengatan bisa dikurangi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement