Advertisement

Teras Malioboro 2 dan Gedung DPRD Bakal Dipindah, Sultan Ingin JPG Jadi Pusat Budaya

Sunartono
Senin, 11 Juli 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Teras Malioboro 2 dan Gedung DPRD Bakal Dipindah, Sultan Ingin JPG Jadi Pusat Budaya PKL Malioboro mulai melihat lokasi Teras Malioboro 2 yang menjadi tempat baru. Mereka mulai menata tempat pada Selasa (1/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap keberadaan Jogja Planning Gallery (JPG) yang saat ini dalam proses perencanaan menjadi salah satu pusat budaya di kawasan Malioboro.

Sultan mengatakan pembangunan JPG dilakukan karena Jogja belum memiliki galeri khusus yang menampung berbagai karya budaya. Gedung ini nantinya diharapkan menjadi salah satu pusat budaya yang berada di Malioboro. Termasuk memfasilitasi kemungkinan adanya ruang pentas.

“Gambarnya sudah ada. Harapan saya ya itu jadi pusat budaya di kawasan Malioboro. Nanti kan DPRD DIY bisa diubah jadi tempat untuk pentas biar punya keterbatasan tapi kan bisa. Mungin bisa jadi galeri sebelah utara dan sebagainya kita kan enggak punya galeri untuk Jogja itu,” kata Sultan seusai mendengarkan langsung pemaparan peserta tiga besar Sayembara Desain JPG di Kepatihan, Senin (11/7/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Pembangunan JPG ini akan memanfaatkan lahan yang saat ini ditempati PKL Teras Malioboro 2 serta Gedung DPRD DIY. Adapun DPRD DIY rencananya akan pindah dengan membangun baru di Jalan Kenari, Kota Jogja.

BACA JUGA: Penjahat Seksual Mengincar Anak-Anak di DIY lewat Video Call, 3 Orang Jadi Korban!

Sultan memastikan pembangunan fisik JPG ini diperkirakan akan dimulai pada 2024 mendatang. Mengingat Pemda DIY harus menyiapkan lebih dahulu lokasi baru bagi PKL Teras Malioboro 2. HB X menyinggung terkait dibangun lokasi baru bagi PKL Teras Malioboro 2 itu di sebelah utara Teras Malioboro 1.

“Ya kalau tahun ini [pembangunan JPG] jelas enggak mungkin, tapi harapan saya karena kita memberikan waktu dua tahun ya [kepada PKL], dua tahun jadi tahun depan belum, baru mungkin 2024 atau 2025. Karena DPRD-nya juga harus pindah, Teras Malioboro 2 nya pindah. Berarti harapan saya tahun depan [2023] sudah dibangun di Indra [Teras Malioboro 1] yang sebelah utara,” ucapnya.

“Sehingga nanti [lahan Teras Malioboro 2] kosong, DPRD DIY juga harus kosong. Nah dari yang sebelum kosong itu [Dinas] PU sudah mengajukan DED untuk program akhir daripada kesepakatan yang sudah kami pilih dari ketiga itu semuanya akan bergabung. Baru bisa kita selesaikan,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement