Advertisement

Punya Potensi Wisata Besar, Asosiasi Pemandu Gua Gunungkidul Dirintis

David Kurniawan
Selasa, 19 Juli 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Punya Potensi Wisata Besar, Asosiasi Pemandu Gua Gunungkidul Dirintis Pengunjung saat mengangantre untuk menyusuri Goa Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul melatih pemandu gua selama tiga hari untuk meningkatkan kapasitas para pemandu dan merintins pembentukan asosiasi pemandu gua.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan pelatihan diikuti 40 pemuda yang berasal dari perwakilan 18 kapanewon di Gunungkidul. Pelatihan sudah berlangsung sejak Senin (18/7/2022) dan berakhir pada Rabu (20/7/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Gelombang Tinggi di DIY Bakal Menurun Beberapa Hari ke Depan, Ini Kata BMKG

Menurut dia, pelatihan digelar sebagai upaya meningkatkan kualitas pemandu wisata, khususnya untuk susur gua. Sebab, potensi wisata minat khusus ini belum dioptimalkan.

Pelatihan ini berisi tentang aspek keselamatan selama penyusuran. Selain itu, pelatihan juga mengendepankan konservasi sehingga pelaksanaan jasa wisata susur gua tidak merusak lingkungan sekitar. 

Output pelatihan yang ingin dicapai agar peserta mengetahui Standar Keselamatan Kerja Nasional Indonesia [SKKNI] dalam melaksanakan kegiatan kepemanduan,” imbuh mantan Kepala Bagian Organisasi, Setda Gunungkidul ini.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Gunungkidul Setyo Hartanto.  Menurut dia, pelatihan juga menggandeng sejumlah komunitas seperti Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (Hikepsi) dan juga Acintyacunyata Speleological Club (ASC).

BACA JUGA: Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap di Belanda

Pelatihan terdiri dari persiapan dan pelaksanaan susur gua, informasi tentang gua dan lingkungannya. Juga ada pengelolaan keamanan dan keselamatan, intepretasi kepemanduan goa. “Tentunya juga ada penyelengaraan kegiatan wisata gua pada masa penanganan Covid-19,” kata Setyo.

Menurut dia, pelatihan digelar sebagai rintisan untuk pembentukan kepengurusan organisasi Himpunan Pemandu Susur Gua Kabupaten Gunungkidul. Organisasi diharapkan dapat menjadi wadah bagi pemandu-pemandu gua untuk memperkuat jaringan, peningkatan pengetahuan tentang pengelola goa sehingga potensinya dapat terkelola dengan maksimal dan professional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement