Advertisement

Puluhan Siswa SD Muh. Mutihan Wates Datangi Media Center Kulonprogo, Ada Apa?

Catur Dwi Janati
Sabtu, 23 Juli 2022 - 05:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan Siswa SD Muh. Mutihan Wates Datangi Media Center Kulonprogo, Ada Apa? Siswa SD Muhammadiyah Mutihan mendengarkan penjelasan dari salah satu anggota PWK, di Media Center Kulonprogo, Jumat (22/7/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Sebanyak 73 siswa Kelas II SD Muhammadiyah Mutihan Wates mengunjungi Media Center Kulonprogo yang menjadi tempat berkumpulnya para jurnalis yang bertugas di area Kulonprogo. Selama kunjungan anak-anak, antusias mendengarkan berbagai informasi tentang dunia jurnalistik secara langsung dari para wartawan.

Guru SD Muhammadiyah Mutihan, Wates, Wiwik Rahayu menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak tentang apa itu Media Center khususnya aktivitas wartawan di dalamnya. "Tujuannya itu untuk yang pertama itu untuk mengenalkan anak tentang media center itu apa. Kebetulan itu anak-anak itu bakat menulisnya kan tinggi," ujarnya pada Jumat (22/7/2022).

"Bakat menulisnya mereka tinggi terus diperkenalkan Media Center itu apa. Jadi setelah anak-anak tahu nanti bisa termotivasi," tambahnya.

BACA JUGA: Garden Aerotropolita, Pengembangan Kawasan di Jalur Pansela yang Terintegrasi dengan Bandara

Diharapkan Wiwik dengan kunjungan ini anak-anak tahu tugas kerja wartawan mulai dari peliputan hingga berita sampai dimuat dalam produk-produk media seperti koran, TV hingga radio. Pada kesempatan tersebut anak-anak juga diajak tur ke ruangan Media Center hingga sejumlah peralatan yang digunakan wartawan untuk membuat berita.

"Hasil akhirnya itu agar anak-anak mengetahui profil wartawan itu sepeeti apa, tugasnya apa, karena untuk anak-anak itu kan mengetahui tentang berita masih minim. Jadi anak-anak biar tahu tugas wartawan itu apa, yang dilakukan wartawan itu apa. Kok berita itu bisa jadi, seperti apa prosesnya," ujar dia.

Salah satu siswa kelas II SD Muhammadiyah Mutihan, Barik mengaku senang bisa berkunjung ke Media Center Kulonprogo. Dirinya bisa melihat sejumlah produk-produk media seperti koran hingga majalah bahkan bertemu dengan para pewarta langsung. Hal yang dikerjakan wartawan sesuai dengan hobinya yakni membaca dan menulis." Suka baca, suka nulis. Yang dibaca cerita nabi," ungkapnya.

Ketua Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK), Asrul Sani menyambut baik para siswa yang datang ke Media Center Kulonprogo. Diharapkan Sani dari kunjungan ini dapat menghasilkan bibit-bibit baru jurnalis ke depannya. "Harapannya di masa mendatang, adik-adik yang datang kesini berminat menjadi jurnalis," ujar dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Rayakan HUT TI, Warga Segrumung Kaget Didatangi Ganjar Pranowo

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement