Advertisement

UMY Dorong Pengelolaan Digital di Perpustakaan Ngajaran Bambanglipuro

Media Digital
Selasa, 26 Juli 2022 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
UMY Dorong Pengelolaan Digital di Perpustakaan Ngajaran Bambanglipuro Pengabdian masyarakat UMY di Perpustakaan Matahati di Dusun Ngajaran, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Dr. Fitriah M. Suud, M.Ag, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pengabdian masyarakat di Perpustakaan Matahati di Dusun Ngajaran, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Pengabdian berlangsung selama dua bulan dengan beberapa kali pertemuan.

“Pelatihan pengelolaan perpustakaan diikuti sekitar 25 remaja Dusun Ngajaran. Mereka adalah pemuda karang taruna,” ujar Fitriah.

Pengabdian ini fokus pada dua hal. Pertama adalah meningkatkan minat baca anak-anak. Pengabdi dari UMY bersama mitra melakukan perlombaan pada anak-anak dengan tingkat usia yang dibedakan dan dengan  beberapa permainan yang berbeda pula.

Perlombaan dilakukan untuk anak-anak tingkat TK, SD kelas 1.2,3, SD kelas 4,5,6 serta untuk anak tingkat SMP. Perlombaan yang diadakan untuk mereka secara langsung dan tidak langsung menuntut mereka untuk bersentuhan dengan literasi.

“Para peserta yang hadir dalam acara perlombaan kurang lebih 60 siswa,” katanya.

Perlombaan bercerita dan mengambil kesimpulan dari sebuah cerita diberikan untuk anak tingkat SMP. Mereka diminta untuk membaca cerita yang dipilih oleh pengabdi kemudian menceritakan ulang dengan bahasa mereka sendiri. Perlombaan ini menambah minat baca anak-anak dan juga melatih public speaking anak anak.

Sementara untuk siswa TK disajikan puzzle untuk disusun. Pilihan permainan puzzle ini merea bagian dari literasi. Anak anak diberikan puzzle huruf namun dalam bentuk potongan gambar untuk membantu mereka mudah untuk menyusun kata-kata tersebut.

Pada usia SD diberikan permainan tebak kata. Anak-anak disajikan huruf-huruf yang sudah dipersiapkan. Para pengabdi memberikan soal pertanyaan sekitar dunia baca dan tentang alam sekitar anak anak pertama belajar menjawab pertanyaan dan pertanyaan tersebut dijawab dengan Menyusun huruf-huruf yang disiapkan dan mereka mengerjakan ini dalam bentuk kelompok.

Fokus kedua dari penelitina ini adalah pengembangan perpustakaan berbasis digital. Sehingga pengabdi melakukan pelatihan pengelolaan perpustakaan bagi pengurus dan juga bagi remaja disekitar perpustakaan.

Advertisement

“Pengabdian ini menghasilkan keterampilan mengelola Perpustakaan Matahati berbasis digital. Perpustakaan dikelola remaja di dusun Ngajaran Desa Sidomulyo Bambanglipuro,” ucap Fitriah.

Dia berharap dengan pelatihan ini para pengelola perpustakaan akan lebih dapat merapikan administarsi perpustakaan seperti menyusun katalog buku dan lainnya. Selain itu kepada remaja juga diadakan workshop pengenalan perpustakaan online.

Para remaja  lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca karena dapat mengases buku bacaan menarik tanpa harus pergi jauh dan memiliki aktivitas yang positif untuk meningkatkan literasi di masyarakat

Advertisement

Kepala Perpustakaan Sariroh memberikan tanggapan positif saat ditemui oleh LPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. “Saya berterima kasih UMY telah banyak memberikan sumbangan dalam penelitian ini. Saya merasa senang dengan pengabdian ini para remaja jadi aktif terlibat dalam mengelola perpustaan demikin juga anak-anak di sekitar disini menjadi senang untuk membaca buku di taman baca ini.” (ADV)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Top 7 News Harianjogja.com 17 Agustus 2022

News
| Rabu, 17 Agustus 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement