Advertisement

Peternak Didorong Manfaatkan Sampah Daun Perindang Jadi Pakan

Yosef Leon
Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peternak Didorong Manfaatkan Sampah Daun Perindang Jadi Pakan Kelompok ternak di Kelurahan Giwangan saat mengolah sampah daun perindang untuk dijadikan pakan ternak fermentasi, Selasa (2/8/2022) - Harian Jogja/Yosef Leon. (Foto dikirim via email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja mendorong para peternak untuk memanfaatkan potensi olahan sampah daun perindang sebagai pakan ternak. Pemanfaatan sampah organik itu nantinya bisa menjadi salah satu upaya dalam mengurangi kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) yang terbatas.

Salah satu kelompok ternak yang telah memanfaatkan potensi olahan daun perindang yakni kelompok ternak di Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo. Pemanfaatan ini telah dilakukan sejak enam bulan terakhir dengan mengolah sampah daun perindang dengan cara fermentasi untuk dijadikan pakan ternak kambing dan domba. 

Advertisement

"Pemanfaatan ekonomi dari sampah organik ini memang masih jadi pekerjaan rumah kami. Upaya yang dilakukan oleh teman-teman di Kelurahan Giwangan ini kami harapkan bisa diperluas ke tempat lain di Jogja," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Jogja, Ahmad Haryoko, Selasa (2/8/2022). 

Menurutnya potensi pemanfaatan sampah daun dan pohon perindang di Jogja sangat besar. Dalam sehari petugas yang rutin melakukan pemangkasan pohon perindang bisa menghasilkan sebanyak delapan meter kubik. Jumlah ini belum termasuk yang dihasilkan oleh masyarakat saat memangkas pohon atau tanaman secara mandiri. 

Baca juga: Jogja Bertekad Zero Sampah, Ini Strateginya

"Karena kebanyakan hasil pangkasan pohon dari masyarakat itu langsung ke TPA Piyungan. Kalau yang dari pohon perindang milik pemerintah memang sudah diolah menjadi kompos atau yang lain di Nitikan," ujarnya. 

Daryoko menyebut, pemanfaatan sampah pohon dan daun perindang itu sedikitnya bisa mengurangi 20 persen sampah yang dibuang ke TPA. "Ini baru kita coba untuk daun kelengkeng dan semoga berhasil dan bisa diperluas untuk peternakan kambing di lokasi lain," ungkap dia. 

Nurdin Saputro, salah seorang peternak yang telah memanfaatkan hasil fermentasi sampah daun perindang itu menyebut, pihaknya telah mengolah sampah daun perindang sejak enam bulan terakhir. Selama ini pakan hasil olahan masih dimanfaatkan untuk kambing dan domba yang dipeliharanya. 

"Tujuannya di sini memang untuk mengurangi sampah dan mengelola sampah dedaunan yang biasanya langsung dibuang. Itu kita fermentasi saja. Hasilnya pun tidak jauh beda dengan rumput yang masih segar karena juga dicampur," jelas Nurdin. 

Dalam mengolahnya, daun dan pohon perindang yang dipangkas terlebih dahulu dipisahkan dengan rantingnya. Kemudian daun yang dipilih dimasukkan ke dalam mesin pencacah. Setelah terpotong dengan ukuran yang cukup halus, dedaunan kemudian diratakan di atas tempat yang bersih. Setelahnya dicampur dengan EM4 dan molase. 

"Itu kita tambah juga dengan pollard sebagai nutrisi untuk ternak. Nanti dimasukkan ke wadah yang juga dimasukkan pollard dan didiamkan selama tiga minggu. Hasilnya langsung bisa diberikan ke ternak," urai Nurdin. 

Komposisi campuran disesuaikan dengan kandungan air yang tersimpan dalam sampah daun perindang. Jika kandungan air sedikit, campuran EM4 dan pollard yang diberikan agar sedikit banyak, begitu pula sebaliknya. "Ini sudah kita berikan beberapa bulan ke ternak. Hasilnya memang cukup beda dengan rumput pakan karena kotoran ternak jadi tidak bau," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement