Advertisement

Ini Langkah Pemda DIY untuk Cegah Sekolah Negeri Wajibkan Aturan Jilbab

Sunartono
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Langkah Pemda DIY untuk Cegah Sekolah Negeri Wajibkan Aturan Jilbab Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY menyatakan perangkat pendidikan mulai dari Komite Sekolah atau orang tua hingga Dewan Pendidikan akan dimaksimalkan untuk melakukan pengawasan guna mencegah kasus pemaksaan menggunakan jilbab.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan kasus pemaksaan menggunakan jilbab di SMAN 1 Banguntapan menjadi pembelajaran bagi sekolah lain agar lebih berhati-hati dalam membuat edaran terkait seragam untuk siswa. Dalam Surat Edaran Kepala Disdikpora DIY, kata dia, sudah jelas bahwa ada pilihan-pilihan dalam seragam sehingga tidak ada pemaksaan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Ini kan otomatis jadi pembelajaran di sekolah lain, jadi sekolah lain keluarga sekolah, orangtua siswa, semuanya akan mendapatkan pembelajaran apa yang sekarang ini sudah terjadi. Dan sebenarnya ini sudah diatur lewat SE kepala dinas," katanya, Jumat (5/8/2022).

Oleh karena itu ke depan akan lebih ditingkatkan lagi sosialisasi terkait penggunaan seragam tersebut ke sekolah. Untuk memastikan bahwa ke depan tidak ada unsur pemaksaan jilbab. Karena di SE Kepala Disdikpora DIY dan Permendikbud sudah jelas.

BACA JUGA: 3 Kecamatan di Bantul Ini Alami Hari Tanpa Hujan Lebih Lama, Sampai 2 Bulan

"Berkaitan bagaimana dengan agar bisa memberikan pemahaman kepada semua pihak untuk selalu melaksanakan aturan yang sudah ada termasuk didalamnya aturan seragam. Pakaian seragam kan sudah diatur oleh SE kepala dinas dan juga lewat peraturan Mendikbud," katanya.

Aji menambahkan untuk memastikan aturan bisa dijalankan saat ini perangkat sistem persekolahan sudah lengkap. Ada Komite Sekolah hingga Dewan Pendidikan yang bisa melakukan pengawasan. Selain itu orang tua juga bisa mengingatkan sekolah ketika terjadi pelanggaran.

"Saya kira bisa saling mengingatkan stakeholder di sekolah itu bahkan individu sekolah bisa mengingatkan sekolah. Sekolah bisa ingatkan ke orangtua itu bisa efektif menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kutip Hadis, Mahfud MD Soroti Mafia Hukum Bertebaran di Berbagai Institusi

News
| Sabtu, 26 November 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement