Advertisement

Dewan Kulonprogo Dorong Larangan Pelajar SMP Bawa Motor ke Sekolah

Catur Dwi Janati
Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:47 WIB
Sirojul Khafid
Dewan Kulonprogo Dorong Larangan Pelajar SMP Bawa Motor ke Sekolah Siswa mengikuti Asesmen Nasional (AN) di SMP 5 Jogja, Gondokusuman, Senin (5/4/2021). /ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Adanya fenomena pelajar SMP berangkat sekolah menggunakan kendaraan bermotor menjadi perhatian Komisi IV DPRD Kulonprogo. Dewan menilai, harus ada langkah tegas agar siswa yang tidak memiliki SIM dan belum cukup umur ini tidak mengendarai motor ke sekolah. 

Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, Muhtarom Asrori menyoroti fenomena sejumlah pelajar SMP yang menggunakan kendaraan motor untuk sekolah. Menurutnya, dari segi umur, pelajar-pelajar tadi belum saatnya mengendarai kendaraan bermotor. 

"Fenomena anak SMP berangkat sekolah dengan kenderaan motor semakin banyak. Padahal anak-anak itu belum masanya mengendarai motor, di samping usia, [mereka] juga belum mempunyai kelengkapan SIM," tuturnya pada Jumat (4/8/2022).

BACA JUGA: PT. Telkom Indonesia Resmikan Lima Bantuan Sarana Air Bersih di Kulonprogo

Menanggapi fenomena ini, Muhtarom mendorong Diskdikpora untuk mengeluarkan edaran berkenaan dengan larangan pelajar SMP menggunakan kendaraan motor ke sekolah. Edaran ini juga dibuat untuk orang tua para pelajar.

"Untuk itu Dikpora harus membuat surat lagi ke sekolah-sekolah untuk melarang siswa SMP memakai kendaraan motor. Setelah itu sekolah juga membuat surat edaran untuk disampaikan ke orang tua wali siswa, agar anak-anak tidak boleh memakai motor," ujarnya.

Muhtarom tidak ingin kejadian ini terus terulang. Terlebih hal itu menyangkut keselamatan anak. "Ini perlu kesadaran bersama mengingatkan dan melarang anak-anak memakai motor berangkat sekolah," tegasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement