Advertisement

Kelola Sampah di Sektor Hulu, Ini yang Dimaksimalkan Pemkot Jogja

Yosef Leon
Senin, 22 Agustus 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Kelola Sampah di Sektor Hulu, Ini yang Dimaksimalkan Pemkot Jogja Ilustrasi pengelolaan sampah melalui bank sampah - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja kini tengah mengupayakan berbagi hal untuk memaksimalkan peran bank sampah dalam proses pengelolaan sampah di sektor hulu.

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan, dengan jumlah 565 bank sampah di Kota Jogja yang berbasis RW tentu punya potensi yang maksimal dalam menekan volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan. 

"Sekarang kan sudah ada ada forum bank sampah se-Kota Jogja yang sedang melakukan update data keanggotaan, sehingga harapannya data bisa terukur dengan form yang jelas dan platform yang jelas, jadi bisa sebagai dasar kita dalam membuat kebijakan," ujar Aman, Senin (22/8/2022).

BACA JUGA: Berminat Jadi Prajurit Kraton Jogja? Ini Syaratnya...

Dalam waktu dekat pihaknya juga berencana untuk meluncurkan platform jual beli produk secara daring hasil olahan dari bank sampah. Langkah ini diharapkan dapat menarik antusiasme warga masyarakat lain untuk turut serta mengoptimalkan peran bank sampah di wilayah masing-masing guna menekan jumlah sampah ke TPST Piyungan. 

"Kemudian soal pengelolaan sampah organik yang jumlahnya lebih dari 50 persen sampah yang diproduksi oleh rumah tangga, makanya teman-teman bank sampah sedang kami giring agar bisa mengelola sampah organik. Kami juga akan upayakan program nilik bank sampah agar bisa hidup kembali. Selama ini kan juga cukup banyak bank sampah yang mati suri, jadi akan kita hidupkan lagi," ucap dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement