Advertisement

Mahasiswa UGM Ciptakan Genteng Pintar Bertenaga Surya, Perawatannya Pakai Ponsel

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa UGM Ciptakan Genteng Pintar Bertenaga Surya, Perawatannya Pakai Ponsel Genteng fotovoltaik pintar smart rooftop buatan mahasiswa UGM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan dalam jumlah yang sangat besar dengan potensi 400.000 Megawatt, dimana separuh diantaranya berasal dari potensi energi matahari.

Namun demikian penggunaan tenaga surya di Indonesia masih jauh dari target dan potensi yang dimiliki, hanya 0,05% dari potensi tersebut yang sudah dimanfaatkan.

Advertisement

Melihat kondisi ini, tim mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) mencoba mengembangkan sebuah inovasi pemanfaatan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga melalui pembuatan genteng fotovoltaik pintar yang dinamakan smart rooftop.

Berbeda dengan atap genteng biasa, pada genteng pintar bertenaga surya yang satu ini merupakan genteng dengan menggunakan energi sel surya yang berbasis Internet of Things (IoT) dimana dilapisi self-cleaning glass. “Sama seperti genteng pada umumnya, tetapi dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik dengan self-cleaning glass agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel,” kata Nifwan Arbi Nugroho dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (27/8/2022). 

Baca juga: Tak Cuma Salurkan Kecintaan, Komunitas Ini Aktif Populerkan Sugar Glider pada Masyarakat

Lathief Nurmahmudi Wijaya, anggota tim lainnya, mengatakan keunggulan genteng surya ini ada pada penggunaan teknologi IoT sehingga memudahkan proses perawatan secara otomatis dari gawai atau ponsel. Bahkan bisa mengetahui performa genteng surya hingga mengetahui keadaan lingkungan sekitar.

“Genteng pintar ini dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel pintar, proses pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis saat tidak ada hujan,” jelasnya.

Selain itu, genteng surya ini terdapat berbagai sensor seperti sensor suhu, sensor hujan, sensor kelembaban, sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor), dan sensor daya yang membuat pengguna mengetahui kondisinya.

Meski baru sebatas penelitian, Lathief mengaku genteng pintar bertenaga surya ini akan terus dikembangkan agar nantinya bisa lebih banyak fitur-fitur yang ditambahkan pada genteng dan juga bisa dikomersilkan supaya bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Seperti diketahui, selain Nifwan dan Lathief, genteng pintar bertenaga surya ini dirancang oleh anggota tim lainnya dari Fakultas Teknik UGM yakni Muhammad Rafif Taqiyuddin dan Maulana Istar dengan mendapat bimbingan dosen Fakultas Teknik UGM Ahmad Agus Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D. Pengerjaan inovasi genteng surya ini melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM - KC) UGM dan memperoleh sumber dana dari Kemendikbud Ristek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement