Advertisement

Tiga Menteri Motoran Bareng di UGM, Kampanyekan Keselamatan Jalan

Anisatul Umah
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Tiga Menteri Motoran Bareng di UGM, Kampanyekan Keselamatan Jalan Road Safety Campaign di UGM, Sabtu (27/8/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) Mahfud MD bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi motoran bareng di Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Grha Sabha Pramana ke Foodpark UGM, Sabtu (27/8/2022) pagi.

Menggunakan helm standar, sarung tangan, dan sepatu, ketiga menteri ini mengampanyekan keselamatan jalan atau road safety campaign. Budi Karya Sumadi mengatakan keselamatan jalan sangat penting khususnya untuk sepeda motor.

"73% melibatkan pengendara yang naik motor dan mayoritas anak muda. Langkah kecil kami mengingatkan semoga kita semia menjadi lebih baik," ucapnya dalam acara Road Safety Campaign, Sabtu (27/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Setidaknya ada empat prinsip yang harus dipegang saat berkendara, di antaranya kewaspadaan, kesadaran, perilaku, serta antisipasi. Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor menurutnya karena kesadaran yang kurang.

"Kesadaran pengguna sepeda motor akan keselamatan, khususnya terkait penggunaan helm, cara berkendara yang berkeselamatan kelengkapan SIM dan STNK, memastikan kondisi motor dalam keadaan laik, dan aspek lain," lanjutnya.

Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan dukungannya pada kegiatan ini. Dia berpandangan kampanye keselamatan berkendara sangat penting karena lebih banyak nyawa manusia yang terbunuh di jalan daripada disebabkan penyakit.

"Road safety campaign sangat penting bagi kita semua karena nyawa manusia yang terbunuh di jalan karena kecelakaan lalu lintas itu jauh lebih banyak dari korban Covid-19, dan jauh di atas rata-rata penyakit lain," paparnya.

Hadir dalam acara ini Rektor UGM Prof Ova Emilia, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, dan sejumlah pejabat terkait. Beberapa komunitas sepeda motor, serta perwakilan mahasiswa dari sejumlah universitas di DIY juga terlibat.

Korlantas Polri mencatat pada 2021 angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus. Lebih tinggi dari 2020 sebanyak 100.028 kasus. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bercuit Soal Pungutan Cek Fisik Kendaraan, Soleh Solihun Malah Didatangi Polisi

News
| Rabu, 28 September 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement