Advertisement

Disbud DIY Gelar Muhibah Budaya ke Trenggalek

Media Digital
Selasa, 30 Agustus 2022 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Disbud DIY Gelar Muhibah Budaya ke Trenggalek Rangkaian pelaksanaan Muhibah Budaya DIY ke Trenggalek. - Istimewa/Disbud DIY 

Advertisement

JOGJA—Dinas Kebudayaan DIY menggelar Muhibah Budaya ke Trenggalek pada Senin (29/8/2022) hingga Kamis (1/9/2022). Kegiatan itu diisi dengan pameran budaya asal DIY hingga serasehan budaya. Muhibah kali bersamaan dengan peringatan sepuluh tahun keistimewaan DIY.

Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY Rully Andriadi S. S. menyatakan 2022 menjadi titik penanda penting bagi DIY. Sebab di tahun ini tepatnya pada 31 Agustus, DIY genap sepuluh tahun mendapat status Keistimewaan. Di saat yang sama, pada tanggal tersebut Pemerintah Kabupaten Trenggalek merayakan Hari Jadi ke-828 Kabupaten Trenggalek. Keistimewaan DIY tentunya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam diri masyarakat DIY, baik dalam bentuk perilaku, tatanan sosial maupun ragam penanda artefak yang mencirikan kekuatan aspek historis yang melekat.

“Dalam konteks kedekatan budaya dan historis tersebut, Pemda DIY, dalam hal ini Dinas Kebudayaan [Kundha Kabudayan] DIY menyelenggarakan kegiatan Muhibah Budaya yang bertempat di Kabupaten Trenggalek," Senin (29/8/2022).

Rangkaian kegiatan Muhibah Budaya DIY ke Trenggalek dilaksanakan dari 29 Agustus hingga 1 September 2022. Berbagai kegiatan digelar dimulai dari sarasehan budaya maritim; pameran aneka kebudayaan DIY terdiri atas  permuseuman, warisan budaya, potensi desa budaya dan klinik aksara Jawa yang akan berlangsung selama tiga hari sejak 29 Agustus 2022 di Gedung Bhawarasa lantai kedua. Adapun rangkaian kegiatan lainnya adalah workshop dengan berbagai tema antara lain perfilman, pelatihan macapat, tata busana tradisional gagrak Jogja, tari tradisional Jogja, serta tata rias pengantin gaya Jogja.

“Selain itu ada kegiatan Jumpa Sahabat Museum; kemudian konser mini orkestra bertajuk Serenade Bunga Bangsa pada tanggal 31 Agustus. Pada malam puncak Muhibah Budaya juga akan dipertunjukkan pentas macapat dan tari hasil workshop, disertai dengan pementasan tari dari Kraton Ngayogyakarta dan pagelaran wayang kulit," katanya.

Ia berharap, ragam program kegiatan yang digelar tersebut dapat mengisi perayaan bersama Dasawarsa Keistimewaan DIY dan Hari Jadi ke-828 Trenggalek, sekaligus menjadikan budaya sebagai bagian dari ekspresi sumber nilai yang terus dihidupi hingga saat ini. Sejalan dengan itu, ia berharap pameran serta workshop yang digelar dapat terus memperluas cakupan literasi, publikasi, serta sajian informasi mengenai budaya Jogja sehingga mampu membangkitkan ingatan, menumbuhkan kreativitas, sekaligus menggali inspirasi untuk semakin memperkaya kebudayaan Trenggalek dan DIY.

Rully menegaskan Muhibah Budaya DIY ke Trenggalek dapat menciptakan relasi budaya yang semakin erat di antara kedua pihak. Relasi setara yang tidak sekadar bersifat instrumental apalagi timpang yang umum terjadi pada pola hubungan patron-klien. Harapannya Keistimewaan DIY dapat memberi arti yang lebih luas bahkan bagi pihak-pihak di luar batasan kewilayahan administratif.

Di sisi lain, Trenggalek yang telah melalui perjalanan panjang selama 828 tahun, melintasi masa berbagai kerajaan dan kesultanan bahkan sejak era pra-Majapahit, dapat terus merawat semangat kerja sama dan kolaborasinya untuk semakin mengembangkan kehidupan kebudayaan serta makin menyejahterakan masyarakatnya.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Kerja-kerja kebudayaan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkot Magelang Berikan Proteksi Praktik Dokter

News
| Jum'at, 30 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement