Advertisement

Gelar Pengenalan Kampus, Unriyo Mulai Kuliah Tatap Muka

Sunartono
Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gelar Pengenalan Kampus, Unriyo Mulai Kuliah Tatap Muka Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (30/8/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Lebih dari 800 mahasiswa kampus Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa (30/8/2022) hingga Kamis (1/9/2022). Pada tahun akademik baru kampus ini mulai menggelar kuliah secara tatap muka.

Rektor Unriyo Santoso menjelaskan PKKMB digelar selama tiga hari dan merupakan pertama kalinya digelar secara tatap muka mengingat dua tahun terakhir secara daring karena pandemi Covid-19. Para mahasiswa diberikan berbagai materi mulai dari pencegahan penyalahgunaan narkoba hingga pencegahan intoleransi.

Advertisement

"Mahasiswa kami berasal dari semua provinsi di Indonesia dengan berbagai latar belakang. Sebagai pengenalan kami memberikan materi sistem pendidikan tinggi, bela negara, pencegahan narkoba, pencegahan intoleransi, kampus sehat. Kami mengarahkan pengenalan kampus mengondisikan mahasiswa menanamkan nilai Pancasila," katanya di sela-sela pelaksanaan PPKMB di Kampus Unriyo Jalan Adisucipto, Selasa (30/8/2022).

Materi tersebut diberikan karena sudah sesuai dengan arahan Kemendikbudrisktek. Bahwa sebagai calon pemimpin menuju Indonesia Emas maka mahasiswa saat ini harus dibekali berbagai materi penguatan kebhinnekaan dan Pancasila. "Selain itu ada materi pembekalan terkait revolusi industri dan merdeka belajar kampus merdeka. Ini sebagai bekal awal mahasiswa baru terhadap pengenalan kurikulum merdeka belajar," katanya.

Baca juga: Mahasiswa Unriyo Belajar Jurnalistik di Harian Jogja

Wakil Rektor Bidang Akademik Unriyo Fransiska Lanni menambahkan seluruh Maba saat ini akan mengikuti perkuliahan tatap muka seiring melandainya kasus Covid-19 di DIY. Beberapa mata kuliah kemungkinan ada yang daring akan tetapi pada semester gasal ini akan lebih banyak tatap muka.

"Untuk maba kami kondisikan hampir semua kuliah tata muka, ini untuk membangkitkan semangat mereka belajar. Karena mereka datang ke Jogja dari berbagai daerah tentu perlu ada pengenalan budaya," katanya.

Lanni memastikan untuk mendukung program pemerintah semua mahasiswa diberikan booster. Sebagian besar mahasiswanya telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga. "Untuk yang mahasiswa baru yang mungkin belum tetap kami berikan layanan booster, kami arahkan ke fasyankes terdekat dengan kerja sama Dinkes," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Data Pembeli LPG 3 Kilogram Capai 41,8 Juta

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement