Advertisement

Ombak Meluber hingga Area Payung Wisatawan Pantai Parangtritis, Tim SAR: Itu Sudah Biasa

Lugas Subarkah
Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Ombak Meluber hingga Area Payung Wisatawan Pantai Parangtritis, Tim SAR: Itu Sudah Biasa Ilustrasi Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Ombak cukup besar melanda bibir Pantai Parangtritis, Selasa (30/8/2022) siang. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, ombak terlihat sampai menyapu area payung-payung wisatawan.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Arief Nugroho, membenarkan adanya gelombang besar di Pantai Parangtritis pada Selasa siang. “Iya benar di Parangtritis, kejadiannya sekitar habis zuhur tadi,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Selasa.

Advertisement

Walau ombak sampai menyapu area payung-payung dan area bermain wisatawan, dia memastikan kondisi masih aman. Menurutnya, ombak memang sudah biasa mencapai area tersebut, lantaran lokasi pendirian payung-payung memang tidak jauh dari bibir pantai, yakni hanya sekitar 50 meter.

BACA JUGA: Bernostalgia dengan Kipo hingga Sate Kere di Pasar Lawas Mataram

Para wisatawan pun menurutnya juga sudah secara otomatis lebih waspada ketika melihat ombak yang lebih besar dari biasanya. “Ya diimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekat ke bibir pantai dulu. Tetapi tetap enggak apa-apa wisatawan datang, paling cuma buat lihat air,” ujar dia.

Ombak besar hingga mencapai area payung-payung wisatawan menurutnya memang sering terjadi terutama di waktu-waktu tertentu ketika gelombang sedang tinggi, yakni biasanya pada pertengahan kalender Jawa.

Adapun prediksi gelombang tinggi saat ini diprediksi berlangsung selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu (30-31/8/2022). Meski demikian dia memastikan untuk aktivitas wisata tetap aman. Di Parangtritis pun jarak bibir pantai dengan area warung cukup jauh sehingga aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement