Advertisement

Gempa Magnitudo 5,3 di Gunungkidul, Banyak Warga Tak Merasakan

David Kurniawan
Kamis, 08 September 2022 - 16:02 WIB
Budi Cahyana
Gempa Magnitudo 5,3 di Gunungkidul, Banyak Warga Tak Merasakan Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja, GUNUNGKIDUL—Gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang Gunungkidul, Kamis (8/9/2022) siang. Gempa yang berpusat di 301 kilometer (km) barat daya Gunungkidul ini tidak banyak dirasakan masyarakat.

Salah seorang warga Piyaman, Wonosari, Anjar Ardityo, mengaku mengetahui adanya gempa di Gunungkidul melalui media sosial. Secara pribadi ia mengaku tidak merasakan gempa ini. “Tahu-tahu saat buka smartphone ada laporan gempa, tapi saya tidak merasakannya,” kata Anjar, Kamis siang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Hal yang sama diungkapkan oleh Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY di Pantai Baron, Marjono. "Cuma dengar kabarnya, tapi kalau merasakan tidak,” katanya.

Dia pun memastikan kondisi di kawasan pesisir masih aman terkendali dan tidak ada laporan kerusakan akibat gempa di tengah laut ini. “Semua aman dan warga beraktivitas seperti biasanya,” katanya.

Kepala BPBD Gunungkidul Purwono mengatakan gempa terjadi sekitar pukul 14.01 WIB. Hal ini berdasarkan laporan dari BMKG terkait dengan aktivitas kegempaan yang ada. “Pusatnya berada di barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 10 kilometer,” katanya.

Menurut dia, banyak warga yang tidak merasakan gempa. Ini karena pusat gempa berada di tengah laut. “Hingga sekarang juga belum ada laporan dampak dari gempa ini,” kata mantan Camat Purwosari ini.

BACA JUGA: BBM Naik, Upah Buruh Jogja Diminta Naik Minimal 25%

Purwono mengatakan Gunungkidul punya sejumlah alat untuk mendeteksi aktivitas kegempaan. Salah satunya berada di Kantor BPBD Gunungkidul. Alat ini berfungsi untuk mencatatat gempa yang terjadi di wilayah Gunungkidul yang dilaporkan ke BMKG secara realtime.

“Alat ini awalnya terpasang di area Bangsal Sewokoprojo, tapi setelah BPBD pindah ke gedung baru, sehingga dipindah. Pemindahannya juga belum lama,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lawan Saparatisme di Papua, Panglima Yudo: TNI Angkat Senjata

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement