Advertisement

17 Kecamatan Tampilkan Karya dalam Festival Teater Sleman

Lugas Subarkah
Sabtu, 17 September 2022 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
17 Kecamatan Tampilkan Karya dalam Festival Teater Sleman Salah satu penampilan yang membuka Festival Teater Sleman 2022, di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (17/9/2022). - Istimewa/Humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah kelompok teater dari perwakilan 17 kapanewon atau kecamatan di Sleman terlibat dalam Festival Teater Sleman 2022, di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (17/9/2022). Festival Teater kali ini mengusung tema Ruwat Bumi.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya, menjelaskan Festival Teater ini merupakan program Dinas Kebudayaan Sleman yang didukung penuh oleh dana keistimewaan. Festival ini bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, sekaligus sebagai media pembinaan bagi seni teater beserta seniman yang ada di dalamnya.

Diharapkan festival teater ini dapat menjadi pendukung keistimewaan Jogja. “Harapan kami dengan digelarnya Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman ini bisa menjadi bingkai kearifan lokal seni budaya dalam rangka mendukung Jogja Istimewa di Sleman," ujarnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengapresiasi serta menyambut baik Festival Teater ini yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Sleman. Menurutnya, seni teater merupakan seni yang dapat mengilustrasikan kisah situasi di masyarakat yang dikemas menjadi pertunjukan menghibur

Tak hanya itu, teater menurutnya juga sarat akan nilai-nilai kehidupan. “Harapan saya festival ini menjadi ajang silaturahmi dan ruang apresiasi bagi seluruh seniman teater di DIY khususnya Kabupaten Sleman,” katanya.

Festival Teater ini merupakan komitmen Pemkab Sleman yang berkolaborasi dengan Paniradya Pati Kaistimewan untuk melestarikan seni teater DIY khususnya di Kabupaten Sleman. Festival ini juga dapat menjadi alternatif media diseminasi informasi kepada masyarakat sehingga pesan moral dapat tersampaikan dan diterima dengan cara yang menghibur.

Festival Teater Sleman dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (17-18/9/2022). Peserta yang tampil nantinya akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari seniman, akademisi, dan praktisi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hubungan dengan Keluarga Merenggang, Pria Ini Kencingi Makam Mantan Istri Setiap Hari

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement