Advertisement

Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen

Anisatul Umah
Sabtu, 24 September 2022 - 21:37 WIB
Sirojul Khafid
Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen Foto ilustrasi: Pemeriksaan PMK di tempat penampungan ternak Dagan, Murtigading, Sanden, Rabu (18/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman mencatat capaian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dosis lengkap di Kabupaten Sleman baru mencapai 16 persen per Jumat, (23/9/2022). Persentase ini dari 104.000 ekor sapi di Sleman atau sekitar 16.640 ekor.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi terkait dengan vaksinasi PMK ini. Salah satunya terkait jarak tahapan dropping vaksin oleh pemerintah pusat yang terlalu lama.

Advertisement

Kemudian mutasi ternak yang tidak terlaporkan, dan tidak semua peternak mendampingi ternaknya saat dilakukan vaksin. "Sekitar 104.000 di Sleman. Akan sangat bagus kalau [vaksinasi] bisa mencapai 70 persen populasi," ucapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (24/9/2022).

BACA JUGA: Hanya di Sleman, Pesta Boneka dari 29 Negara

Terkait ternak yang mati, menurutnya, peternak tidak akan mendapatkan kompensasi. Namun ada bantuan pemerintah terkait dengan ternak yang mati atau dipotong bersyarat.

"Tahap I persyaratan sudah dinyatakan lengkap di Jakarta dan proses pembukaan rekening peternak sudah diproses di Jakarta," paparnya.

Ketua Kelompok Peternak Taruna Mandiri, Ngemplak, Sleman Minto Hartono mengatakan ternak sapi di peternakan miliknya semuanya sudah divaksin, sebanyak 38 ekor. "Sudah divaksin kurang lebih 38 ekor, sudah didata sama dinas," ucapnya.

BACA JUGA: Bupati Sleman Tanda Tangani Deklarasi Anti-Perundungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Posko THR Resmi Ditutup, Total Ada 1.539 Aduan selama Lebaran Tahun Ini

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement