Advertisement

Pengajuan Pembatalan Izin 4 Hotel di Jogja Mandek

Yosef Leon
Senin, 26 September 2022 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Pengajuan Pembatalan Izin 4 Hotel di Jogja Mandek Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Empat izin mendirikan bangunan (IMB) yang diajukan Pemkot Jogja untuk dibatalkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak kunjung mendapat balasan. Pengajuan yang telah dilayangkan sejak beberapa waktu lalu sampai sekarang belum mendapat respons. 

Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi menyampaikan, sampai sekarang pengajuan pembatalan IMB sejumlah hotel itu belum turun balasannya dari pusat. Menurutnya, Pemkot masih menunggu balasan dari Kemendagri soal pengajuan pembatalan IMB itu. 

Advertisement

"Belum turun. Kalau sudah diajukan kan nanti terbit makanya peruntukkan sesuai dengan izinnya. Kalau sudah disetujui untuk dibatalkan tentu tidak bisa lagi diajukan izinnya," kata Sumadi, Senin (26/9/2022). 

Sumadi tidak merinci IMB mana saja yang diajukan untuk dibatalkan itu. Dia menyebut perizinan yang hendak dibatalkan itu sudah terlalu lama, sehingga ia tidak ingat persis. "Saya lupa IMB mana saja, karena sudah lama. Yang saya ajukan kan hanya empat dan sampai sekarang belum dibalas," katanya.

BACA JUGA: JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

Di sisi lain, upaya identifikasi terhadap IMB yang ditengarai melanggar juga masih terus dilakukan. Hanya saja kewenangan berada di aparat penegak hukum (APH). Menurutnya, sudah beberapa kali petugas meminta klarifikasi dan data pelengkap mengenai IMB hotel di Jogja. 

Ia memerintahkan jajaran untuk kooperatif dan terus menjalin komunikasi dengan APH. "Proses identifikasi itu sudah dari APH yang mengidentifikasi. Memang dari OPD diminta APH, mana yang sekiranya melanggar kan ditanya. Kita kan kooperatif, ketika mereka minta ya kita kasih datanya dan menjadi catatan mereka," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement