Advertisement

Harga BBM Naik, Tingkat Kunjungan Wisata ke Gunungkidul Diklaim Masih Normal

David Kurniawan
Minggu, 02 Oktober 2022 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Harga BBM Naik, Tingkat Kunjungan Wisata ke Gunungkidul Diklaim Masih Normal Sejumlah pengunjung bermain-main di kawasan Pantai Sepanjang di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Sabtu (1/10/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pariwisata Gunungkidul mengklaim kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan wisata. Pasalnya, saat ini belum memasuki musim liburan sehingga berpengaruh terhadap kedatangan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan kunjungan wisata ke destinasi di Bumi Handayani masih terus berlangsung. Dia tidak menampik adanya kenaikan BBM akan memberikan pengaruh terhadap tingkat kunjungan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meski demikian, hingga sekarang, dampaknya belum terlalu signifikan karena kunjungan masih seperti biasa. Sebagai contoh pada Sabtu (24/9/2022) jumlah kunjungan sebanyak 6.201 orang.

Sedangkan pada Sabtu (1/10/2022) tercatat kunjungan di destinasi wisata Gunungkidul ada 5.946 orang. “Turunnya masih sedikit,” katanya, Minggu (2/10/2022).

BACA JUGA: Korupsi di RSUD Wonosari, Kejari Belum Menerima Limpahan Berkas Tersangka Kedua

Menurut Aldian, jumlah kunjungan dalam dua pekan ini belum bisa dijadikan tolok ukur. Terlebih lagi, sambung dia, pada saat sekarang belum musim liburan sehingga kunjungan wisata masih relative normal.

“Pasti kenaikan BBM akan ada dampaknya. Tetapi, sekarang masih belum begitu terlihat. Mudah-mudahan tidak berdampak signifikan,” katanya.

Menurut dia, tugasnya sekarang ini untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor retribusi masuk pariwisata. Di tahun ini, Dinas Pariwisata Gunungkidul ditarget mendapatkan PAD sebanyak Rp27 miliar. “Belum sesuai target dan kami masih berupaya agar bisa mencapainya,” katanya.

Advertisement

Salah seorang pengunjung asal Sukoharjo, Andi Setiyawan mengatakan, bersama dengan keluarga berwisata ke pantai Gunungkidul. Tamasya ini sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari untuk bisa kumpul dengan keluarga. “Baru bisa terlaksana sekarang,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa lokasi yang dituju mulai dari Pantai Sepanjang, Kukup hingga Baron. Dia mengakui kondisi kunjungan pada Sabtu relative lengang karena tak banyak pengunjung di pantai. “Bisa leluasa bermain karena memang yang berkunjung masih sedikit,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan, pihaknya terus berjaga-jaga dan memberikan peringatan kepada pengunjung yang bermain di kawasan berbahaya. “Masih aman dan terkendali,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, untuk pengawasan tidak hanya menggunakan pengeras suara di posko SAR. Namun demikian, ada juga personel yang diterjunkan untuk berbaur dengan wisatawan yang sedang bermain. “Jadi kalau sudah mendekat di area berbahaya bisa diingatkan secara langsung,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement