Advertisement

FKKSS Siapkan Aplikasi DIY SIPP untuk Sekolah Swasta

Abdul Hamied Razak
Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
FKKSS Siapkan Aplikasi DIY SIPP untuk Sekolah Swasta Pengenalan aplikasi sistem informasi pelayanan pendidikan (SIPP) DIY oleh FKKSS DIY, Senin (3/10/2022) - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk memenuhi 8 standar Pendidikan Nasional, Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKKSS) DIY mendorong peningkatan mutu seluruh ekosistem pelayanan pendidikan di sekolah-sekolah swasta. Baik Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Sekretaris FKKSS DIY, Sukiter menjelaskan untuk memenuhi delapan standar Pendidikan Nasional, ia menggelar Training of Trainer (ToT) terkait sistem informasi pelayanan pendidikan (SIPP). Kegiatan tersebut diikuti 38 SMK Swasta se-DIY sejak 29 September hingga 3 Oktober 2022.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Sekolah yang mengikuti ToT ini mendapatkan Aplikasi DIY SIPP secara gratis. Tahap pertama ada 38 SMK dari 153 SMK swasta di DIY, tahap kedua akan kami gelar juga," katanya, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan tersebut digelar, lanjut Kepala SMK YPKK Tepus Gunungkidul ini, untuk mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan di DIY. Selain itu, ToT dilaksanakan untuk membantu guru agar mampu mengelola dan memajukan sekolah sesuai delapan standar pendidikan nasional.

Baca juga: Pelatih Arema FC Sebut Ada Suporter Meninggal di Pelukan Pemain

Hal ini juga sebagai upaya untuk mendukung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY terkait dengan percepatan pembangunan pendidikan bangsa.

"Kegiatan ini sejalan dengan penerapan kurikulum merdeka yang terbagi menjadi tiga aspek yaitu, merdeka belajar, merdeka berkolaborasi dan merdeka berkarya," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, FKKSS DIY mengandeng konsultan ahli dari Bogor sekaligus perancang Aplikasi DIY SIPP, Supriyatna. Dia mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan FKKSS DIY untuk membangun kemitraan dan pemetaan sekolah berbasis teknologi. "Sistem akan dikelola oleh FKKSS dan nantinya akan didirikan balai latihan inovasi sekolah (BLIS)," katanya.

Advertisement

Pada sistem yang telah berstandar ISO 9001 2015 ini, katanya, sekolah lebih fokus pada manajemen pengelolaan sekolah. Terdapat 38 fitur di dalam aplikasi tersebut.

Pengelola, mulai dari kepala sekolah hingga karyawan atau staf diminta berbenah dan menciptakan sekolah yang nyaman untuk siswa. Oleh karenanya seluruh komponen sekolah harus membiasakan diri untuk berbagi tugas dan bersama-sama berperan memajukan sekolah.

"Pengelola sekolah juga harus pintar membangun relasi dan sinergi dengan pemangku kepentingan yang lain. Dengan bersinergi, menjalin kerjasama, akan lebih memudahkan pengelola membawa sekolah mereka ke arah yang diimpikan," ujarnya.

Advertisement

Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Drs Suhirman mengatakan Teknis Training of Trainer (TOT) sangat bermanfaat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, pihaknya juga mengapresiasi atas inovasi Aplikasi DIY SIPP.

"TOT ini merupakan peluang untuk meningkatkan mutu seluruh elemen mulai guru, sekolah, kepala sekolah termasuk para siswa, kami berharap melalui kegiatan ini bisa mengangkat mutu sekolah, khususnya bagi sekolah swasta di DIY," kata Suhirman.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

Jogjapolitan | 4 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

News
| Selasa, 29 November 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement