Advertisement

Wakil Gunungkidul Menang Lomba Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

David Kurniawan
Senin, 10 Oktober 2022 - 05:47 WIB
Sirojul Khafid
Wakil Gunungkidul Menang Lomba Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Wakil Pemuda Pelopor asal Gunungkidul, Joko Susilo, yang meraih juara satu untuk Pemuda Pelopor Nasional 2022 di Bidang Pendidikan di Jakarta, Jumat (7/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Wakil asal Kabupaten Gunungkidul, Joko Susilo, berhasil menyabet predikat terbaik Pemuda Pelopor 2022 untuk kategori bidang pendidikan. Keberhasilan ini tak lepas dari gerakannya membentuk Gunungkidul Menginspirasi untuk meningkatkan literasi serta mutu pendidikan di wilayahnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Supriyanto, mengatakan pengumuman lomba pemuda pelopor tingkat nasional 2022 dilaksanakan di Jakarta, Jumat (7/10/2022) malam. Adapun hasilnya, salah satu wakil dari Gunungkidul, Joko Susilo berhasil menyabet predikat terbaik untuk kategori di bidang pendidikan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Ada ratusan peserta dalam lomba ini. Di babak grandfinal, dia [Joko] berhasil mengalahkan wakil dari Sumatera Utara dan Jawa Timur sehingga dinobatkan menjadi juara satu,” kata Supriyanto kepada wartawan, Minggu (9/10/2022).

Dia menjelaskan, keberhasilan meraih predikat juara tidak lepas dari perannya untuk membuat program Gunungkidul Menginspirasi. Lewat program ini  dibuat jaringan kerelawanan pemuda yang peduli kepada literasi dan pendidikan di Bumi Handayani. “Kami ucapkan selamat,” katanya.

BACA JUGA: Libur Maulid Nabi, Wisata di Gunungkidul Dipadati Pengunjung

Supri berharap keberhasilan yang diraih dapat menambah semangat para pemuda untuk berkontribusi dalam penyaradan, pemberdayaan, dan pengembangan kepemudaan di Bumi Handayani. Adapun tujuannya agar muncul pemuda-pemudi pelopor berprestasi lainnya.

“Kami berkomitmen untuk mendampingi dan membina agar para pemuda bisa terus berprestasi,” kata mantan Kepala Bidang Kepemudaan ini.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Irfan Ratnadi. Di dalam lomba pemuda pelopor tingkat nasional ini, ada dua wakil asal Gunungkidul. “Kami mengirimkan wakil terbanyak, karena ada dua pemuda yang ikut seleksi. Sedangkan wilayah lain di DIY masing-masing hanya satu,” katanya.

Advertisement

Irfan mengatakan, untuk bidang pendidikan, Gunungkidul diwakili oleh Joko Susilo. Ia dinilai berhasil menggerakan masyarakat untuk mendukung proses pembelajaran anak pada saat pandemi.

BACA JUGA: Bisa Tampung hingga 40 Unit Kapal 40 GT, Kapan Pelabuhan Gesing Selesai Dibangun?

Adapun satu wakil lainnya, Suyatno dinilai berhasil di bidang agama sosial dan budaya. Hal ini tak lepas dari proses pengelolaan wisata di Pantai Ngobaran di Kalurahan Kanigoro, Saptosari yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, tanpa melihat dari latar belakang agama dan budaya. Sebagai dampaknya, wisata ini dapat berkembang tanpa ada sekat perbedaan di masyarakat.

Advertisement

“Proses ini tidak sebentar karena aktivitas minimal dilakukan dalam dua tahun. Kalau kurang, maka tidak bisa ikut seleksi,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pencarian Korban Gempa Cianjur Hari Terakhir: 334 Meninggal, 8 Masih Hilang

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement