Advertisement

Ada Sumber Air, Lokasi Pengerukan Pelabuhan Gesing Gunungkidul Berubah Jadi Danau Kecil

David Kurniawan
Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:37 WIB
Bhekti Suryani
Ada Sumber Air, Lokasi Pengerukan Pelabuhan Gesing Gunungkidul Berubah Jadi Danau Kecil Lokasi pengerukan lahan untuk dermaga Pelabuhan Gesing yang terdapat sumber air sehingga membentuk danau kecil. Foto diambil Selasa (11/10/2022) - Ist/Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Aktivitas pengerukan lahan untuk Pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul menemukan sumber mata air. Akibatnya di sekitar lokasi dipenuhi genangan air hingga membentuk danau kecil.

Lokasi pengerukan berada di sisi utara dengan jarak sekitar 200 meter dari bibir Pantai Gesing yang akan diubah untuk pelabuhan pendaratan ikan. Informasi adanya sumber mata air di sekitar calon pelabuhan disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Wahid Supriyadi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan keterangan dari warga setempat, di sela-sela kegiatan pengerukan menemukan dua titik mata air. “Pas pembangunan di sisi tebing timur ternyata keluar airnya. Ada dua titik,” kata Wahid, Rabu (12/10/2022).

Pasca ditemukannya dua titik sumber ini, air di lokasi terus mengalir. Para pekerja pengerukan kewalahan untuk menghentikannya karena proses penyedotan belum mampu mengurangi debit air di sekitar lokasi sehingga membentuk danau kecil.

“Area yang tergenang ada kalau sekitar 500 meter persegi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Mahfud MD Curiga Ada Kekacauan di Antara Penyelenggara Liga Sepak Bola Indonesia

Menurut dia, air yang keluar bukan berasal dari laut. Pasalnya, jarak lokasi pengerukan dengan pantai masih sekitar 200 meter.

“Informasi dari warga, itu adalah air tawar. Ya kalau memang bisa dimanfaatkan malah bagus karena tinggal koordinasi. Apalagi di lokasi akan menjadi kolam pelabuhan untuk sandar kapal,” katanya.

Advertisement

Adanya temuan sumber air dilokasi pengerukan calon pelabuhan dibenarkan oleh Parman, salah seorang nelayan di Pantai Gesing. Menurut dia, penemuan ini sudah agak lama karena setelah dimulai pengerukan ada temuan tersebut.

“Ya sekarang masih mengalir. Para pekerja juga sering memompa untuk membuang air yang ada,” kata Parman.

Meski demikian, ia menampik bahwa temuan tersebut merupakan sumber air tawar, tapi lebih pada air payau. Keyakinan ini tak lepas adanya bekas sumur di sekitar lokasi sebanyak empat titik.

Advertisement

“Dulu di sekitar lokasi memang ada sumurnya. Tapi, rasanya payau air yang keluar dari sumur,” katanya.

Parman menjelaskan, pembuatan sumur-sumur ini tak lepas adanya program transmigrasi lokal yang diselenggarakan pemerintah di awal 2000an. “Kami tidak tahu apakah air merupakan rembesan dari laut. Yang jelas, saat sumur digali rasa airnya payau,” katanya.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto saat dikonfirmasi mengatakan, belum tahu menahu berkaitan dengan penemuan sumber di kawasan calon dermaga di Pelabuhan Pantai Gesing. “Coba saya cek dulu dengan mengirim petugas ke sana. Nanti akan saya infokan terkait dengan temuan tersebut,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement