Advertisement

Ngeri! Ada 150 Kasus DBD dan 2 Orang Meninggal di Jogja, Ini yang Dilakukan Dinkes

Triyo Handoko
Selasa, 18 Oktober 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Ngeri! Ada 150 Kasus DBD dan 2 Orang Meninggal di Jogja, Ini yang Dilakukan Dinkes Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jogja per September lalu sudah mencapai 150 kasus. Dari jumlah itu, ada dua orang di antaranya meninggal dunia.

Untuk itu, agar jumlah kasus DBD tak terus bertambah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja sudah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi peningkatan kasus DBD di musim hujan ini. 

Advertisement

Kepala Bagian Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Jogja, Lana Unwanah menyebutkan pihaknya sudah memberikan surat edaran bagi semua pihak untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

“Pemberantasan ini kami tujukan terutama di tempat-tempat umum, tempat ibadah, hingga tempat usaha dengan lahan kosong yang memungkinan nyamuk berkembang biak,” kata dia, Selasa (18/10/2022).

BACA JUGA: Kartu Prakerja Diklaim Beri Manfaat Bagi Ribuan Pencari Kerja

Lana juga menjelaskan gerakan satu rumah satu jumantik untuk menanggulangi DBD di kawasan perumahan juga digencarkan lagi. “Selain itu kami juga melakukan pemantauan jentik berkala dan mengaktifkan lagi juru pemantau jentik,” ujarnya. 

Agar tak meluas dan terjadi kejadian luar biasa (KLB) DBD, lanjut Lana, Dinkes Jogja juga turut berkoordinasi dengan kelurahan-kelurahan. “Berlandaskan community deal yang sudah berjalan sebelumnya, koordinasi ini terus kami giatkan,” katanya.

Tak hanya itu, Dinkes Jogja juga turut meningkatkan sumber daya tenaga medisnya (tenaga kesehatan/nakes) untuk menangani DBD. “Dari peningkatan kapasitas nakes, melakukan penganggaran, memperbanyak sarana medis yang lebih memadai terutama dalam pendeteksian dini,” jelas Lana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement