Advertisement

Satpol PP Bantul Petakan Baliho Rawan Roboh

Ujang Hasanudin
Minggu, 23 Oktober 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Satpol PP Bantul Petakan Baliho Rawan Roboh Ilustrasi - Antara/Wahdi Septiawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul memetakan baliho-baliho yang rawan roboh karena saat ini sudah masuk musim penghujan yang tak jarang disertai angin kencang.

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta mengatakan jawatannya sudah menyampaikan informasi kepada pemilik baliho yang rawan roboh agar dibenahi atau diturunkan.

Advertisement

“Kami sampaikan kepada penyedia baliho dan reklame, ada beberapa titik rawan bencana diturunkan. Sementara ini imbauan, nanti kami petakan kalau rawan dan jika membahayakan kami tindak,” kata Yulius, Minggu (23/10/2022).

Menurut Yulius, sementara ini data baliho yang rawan roboh masih data tahun lalu dan sebagian sudah diturunkan sendiri oleh penyedia jasa baliho dan reklame. Namun, sebagian masih terpasang. 

Sejumlah baliho berukuran besar berdiri di wilayah perbatasan Bantul dan Jogja, seperti Blok O, Simpang Empat Ketandan, dan Simpang Empat Terminal Giwangan.

Sementara itu, Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi DIY Etik Setyaningrum menyatakan mulai Oktober ini hujan akan sering turun pada pagi hingga malam hari. Ia memprediksi puncak musim hujan akan berlangsung pada Januari hingga Februari tahun depan.

Pada Oktober, hujan di wilayah DIY berkisar 150-500 mm per bulan  atau kriteria menengah hingga tinggi. Adapaun curah dari November 2023 sampai Januari 2023 berkisar 200-500 mm per bulan ( kriteria menengah hingga tinggi).

Masyarakat diimbau mewaspada potensi genangan, banjir, maupun longsor. “Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh,” kata Etik.

Etik juga meminta masyarakat agar tidak berlindung di bawah pohon saat hujan disertai kilat atau petir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement