Advertisement

Kurangi Kenakalan Remaja, Polsek di Gunungkidul Diminta Rutin Gelar Patroli Kamtibmas

David Kurniawan
Senin, 24 Oktober 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Kurangi Kenakalan Remaja, Polsek di Gunungkidul Diminta Rutin Gelar Patroli Kamtibmas Ilustrasi razia di Gunungkidul. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri menginstruksikan seluruh polsek untuk melakukan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Patroli ini bertujuan mengurangi risiko kriminal serta kenakalan remaja.

“Seluruh polsek harus rutin melakukan patroli,” kata Edy kepada wartawan, Senin (24/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut dia, patroli cipta kondisi ini sangat dibutuhkan. Salah satunya untuk memastikan keamanan lingkungan tetap kondusif. “Harus ada deteksi dini sehingga tingkat kerawanan bisa ditekan sehingga keamanan lingkungan tetap terjaga,” katanya.

Edy menambahkan banyak kerawanan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas. Kerawanan ini meliputi aksi kriminalitas, peredaran narkoba, minum-minuman keras hingga kejahatan yang melibatkan anak-anak remaja.

“Semua harus dicegah, tetapi kami berharap adanya partisipasi dari masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” katanya.

Kapolsek Tanjungsari, AKP Wawan Anggoro mengatakan, sudah menerima instruksi dari Kapolres Gunungkidul tentang pelaksanaan patroli untuk menjaga kamtibmas. Menurut dia, upaya patroli juga telah dilakukan.

Wawan mencontohkan pada Minggu (23/10/2022) bersama-sama dengan Dinas Perhubungan Gunungkidul, Polsek Tanjungsari menggelar razia di jalur masuk kawasan pantai. Tim razia menyita tiga botol minuman keras.

“Miras ini ditemukan dari rombongan pengendara kendaraan bermotor yang akan masuk pantai,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, razia digelar tidak hanya untuk antisipasi peredaran miras, narkoba. Namun juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam tertib berlalu lintas.

BACA JUGA: Polisi Dilarang Menilang, Satlantas Polres Bantul Akan Potret Pelanggar Lalu Lintas

Wawan menilai keberadaan rombongan bermotor dinilai meresahkan karena dapat mengganggu wisatawan lainnya. “Tidak kami tahan. Kami minta tertib pada saat berada dijalan dan terus menghargai penguna jalan lainnya,” katanya.

Advertisement

Upaya patroli cipta kondisi akan terus dilakukan. Adapun pelaksanaan banyak dilakukan pada saat akhir pekan karena jumlah kunjungan meningkat karena hari libur.

“Upaya antisipasi terus kami lakukan agar situasi dan kondisi tetap terkendali,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Oyo Hotels akan PHK 600 Karyawannya

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement