Advertisement

Kabel yang Menjuntai di Sepanjang Pertokoan Malioboro Ditata

Yosef Leon
Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Kabel yang Menjuntai di Sepanjang Pertokoan Malioboro Ditata Kabel FO yang tengah ditata menjuntai di kawasan pedestrian Malioboro, Kamis (27/10/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi menata kabel fiber optik (FO) di sepanjang kawasan Malioboro, mulai dari ujung utara sampai selatan. Kabel FO yang dulunya menjuntai keluar di sepanjang kawasan pertokoan kini dibuat menjadi kabel tray sehingga lebih rapi dan tak lagi menganggu pemandangan.

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengatakan penataan kabel FO tersebut menjadi salah satu upaya menata kawasan Malioboro. Pada tahap awal, kabel FO di sepanjang pertokoan Malioboro sisi barat ditata dan selanjutnya kabel di sebelah timur yang dirapikan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kami ingin memastikan kabel telekomunikasi lebih rapi untuk mempercantik wajah Malioboro," katanya, Kamis (27/10/2022). 

Aman menyebutkan penataan kabel FO di kawasan Malioboro diharapkan selesai pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Dengan begitu, wisatawan dan pengunjung yang datang ke Malioboro tidak lagi melihat kabel yang menjuntai. 

"Mudah-mudahan pada saat libur Nataru semua proses penataan kabel FO sudah selesai  dan pada saat liburan sudah wajah baru Malioboro nyaman dinikmati wisatawan," ujarnya. 

Kepala Diskominfo Kota Jogja Ignatius Trihastono menjelaskan kabel yang dominan berada di kawasan Malioboro adalah milik Telkom dan juga Pemkot Jogja. Kabel milik Pemkot Jogja ditargetkan rampung dirapikan pada akhir November mendatang. Pihaknya mengakui skema kabel tray tidak bisa menata seluruh kabel, tetapi jaringan kabel akan jauh lebih rapi dibandingkan dengan sebelumnya. 

"Di Malioboro kami harus mengedepankan estetika. Kami targetkan penataan di sisi timur selesai akhir bulan November," ucapnya. 

General Manager Telkom Jogja Agus Faisal mengungkapkan penataan kabel FO dilakukan dengan memotong kabel yang lama dan membuat kabel baru yang lebih simpel dan kecil. Kabel yang sebelumnya ditempatkan di luar juga telah dimasukkan ke dalam lorong pertokoan. 

Advertisement

BACA JUGA: Hendak Memangkas Pohon, Pria di Sleman Tersetrum

"Nanti kabel yang melintas di jalan kami buatkan ducting, jadi ada lorong semacam tempat untuk melewatkan kabel di bawah jalan. Jadi supaya lebih rapi, dan tidak ada lagi kabel yang lewat atas," kata Agus. 

Menurut Agus, pengerjaan kabel FO sebelah barat Malioboro sudah sepenuhnya rampung. Pengerjaan telah dilakukan sejak dua bulan lalu. Dalam satu bulan ke depan pengerjaan di sisi timur rencananya dilanjutkan dan ditargetkan semuanya selesai pada awal tahun depan.

Advertisement

"Kabel di atas itu tidak hanya milik Telkom, ada punya operator lain, ada listrik sehingga butuh koordinasi. Jadi memang memakan waktu karena koordinasi, kalau pengerjaan fisiknya tidak terlalu lama, pengurusan izin dan lainnya yang lama," ucap dia. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement