Advertisement

Waduh....Sudah Mau Akhir Tahun, Serapan Anggaran di Pemkot Jogja Baru 61 Persen

Yosef Leon
Minggu, 30 Oktober 2022 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Waduh....Sudah Mau Akhir Tahun, Serapan Anggaran di Pemkot Jogja Baru 61 Persen Ilustrasi APBD. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Capaian realisasi fisik dan keuangan oleh Pemkot Jogja meleset dari target yang ditetapkan sampai triwulan III 2022. Dari target capaian kinerja fisik yang di angka 84,88 persen baru terealisasi di angka 82,24 persen, sementara capaian serapan keuangan jauh lebih miris yakni berada di angka 61,61 persen, dari target realisasi 86,08 persen.

Penjabat Walikota Jogja, Sumadi meminta kepada jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memaksimalkan kinerja lantaran tahun berjalan tinggal beberapa bulan lagi. Dia mendorong agar aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jogja lebih kreatif dan inovatif dan memaksimalkan peluang yang ada. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Saya tekankan terutama pada realisasi keuangan yang pada triwulan berikutnya harus lebih meningkat," kata Sumadi, Minggu (30/10/2022). 

Menurutnya, rendahnya realisasi anggaran oleh sejumlah OPD dikarenakan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus mundur dari tara kala akibat penyesuaian petunjuk teknis. Oleh karenanya dengan sisa dua bulan sebelum pergantian tahun, ia meminta OPD untuk kerja keras mengejar target realisasi di angka 86,08 persen.

"Harapannya kepada jajaran pimpinan OPD juga ikut mendorong agar program-program yang bermanfaat dan memberikan solusi bagi masyarakat bisa dihasilkan," ujarnya. 

Adapun pada capaian kinerja fisik meski tidak memenuhi target namun beberapa proyek yang berjalan disebutnya telah sesuai dan cukup memuaskan. Misalnya saja revitalisasi pedestrian Jalan Senopati yang telah mencapai 35,8 persen, pembangunan gudang farmasi dan instalasi gizi 27,3 persen, serta penataan lingkungan pemukiman Kampung Karang 28,2 persen.

BACA JUGA: TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah

Sementara secara keseluruhan, paket pekerjaan yang telah terselesaikan pada Triwulan II 2022 sebanyak 72 paket dari target 77 paket. Dengan rincian paket yang selesai meliputi 10 paket pengadaan barang, 32 paket pekerjaan konstruksi, 26 paket jasa lainnya, hingga 4 paket Jasa Konsultansi. Sedangkan paket yang masih dalam proses di BPBJ kini terdapat 5 paket. 

Advertisement

"Pelaksanaan program dan kegiatan itu sebaiknya segera dieksekusi sesuai dengan tatakala, maupun kebutuhannya, tanpa harus menunggu sampai akhir Triwulan IV nanti," katanya. 

Sumadi merekomendasikan agar seluruh Kepala OPD untuk memperbaiki kinerja pada Triwulan IV mendatang dengan percepatan proses pengadaan barang dan jasa, peningkatan penyerapan keuangan sesuai target, indentifikasi potensi anggaran dan mendorong serapan.

"Kemudian, yang tak kalah penting, tetap fokus pada pencapaian target sasaran dan program perangkat daerah dengan pertimbangan prinsip efektif efisien dalam pengelolaan anggaran," ungkapnya.

Advertisement

Kepala Bappeda Kota Jogja, Agus Tri Haryono menyatakan, berdasarkan data BPS 2021, angka kemiskinan di Kota Jogja berada di angka 7,69 persen dan lebih rendah jika dibandingkan angka kemiskinan DIY yang sebanyak 12,28 persen maupun angka kemiskinan nasional yakni 9,71 persen.

Agus menambahkan, indikator progres penanganan Covid-19 sampai dengan 30 September 2022 juga cukup memuaskan dengan penambahan kasus Covid-19 sebanyak 13.219 dengan prevalensi sembuh sebanyak 13.090 orang dengan 99 persennya didominasi oleh varian Omicron. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 6 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement