Advertisement

TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah

CRY22
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan sudah penuh dan sampah dari Jogja, Sleman, serta Bantul akan dibuang di tempat pembuangan sampah transisi di Piyungan. Sembari menunggu tempat pembuangan transisi beroperasi, pembuangan sampah di TPST Piyungan dibatasi.

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya menghimbau masyarakat untuk dapat memilah sampah sebelum membawanya ke TPST Piyungan.  Aman mengatakan saat ini TPST Piyungan dalam masa transisi sehingga ada masalah teknis terkait pengaturan dan penjadwalan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“TPST Piyungan sekarang masih dalam posisi transisi menuju hadirnya TPST yang lebih ideal, karena dalam posisi transisi ada problem teknis menyangkut pengaturan dan penjadwalan," kata Aman, dalam pembukaan Festival Disdagfest 2022 di Kota Jogja, Sabtu (29/10/2022)

Aman mendorong masyarakat mulai mengurangi sampah dari sumbernya. "Kami membuat perhitungan sampah anorganik di Kota Jogja 47% dari total sampah. Sampah kami per hari 260 ton yang dibawa ke Piyungan.

BACA JUGA: Sampaikan Solidaritas untuk Perempuan Iran, Sejumlah Orang di Jogja Potong Rambut

Aman mengatakan, bila 47% sampah anorganik dapat dipilah dan tidak dibuang ke Piyungan tetapi diolah sehingga bernilai ekonomi, volume sampah yang ada dapat berkurang.

"Sekarang kewajiban masyarakat [mengelola sampah]. Rencana kami tahun 2023 hukumnya wajib sampah yang akan dibawa ke TPA Piyungan hanya sampah organik, sampah anorganik berhenti di level masyarakat," kata Aman.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement