Advertisement

TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah

CRY22
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
TPST Piyungan Penuh, Warga Jogja Diminta Pilah Sampah dari Rumah Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan sudah penuh dan sampah dari Jogja, Sleman, serta Bantul akan dibuang di tempat pembuangan sampah transisi di Piyungan. Sembari menunggu tempat pembuangan transisi beroperasi, pembuangan sampah di TPST Piyungan dibatasi.

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya menghimbau masyarakat untuk dapat memilah sampah sebelum membawanya ke TPST Piyungan.  Aman mengatakan saat ini TPST Piyungan dalam masa transisi sehingga ada masalah teknis terkait pengaturan dan penjadwalan.

Advertisement

“TPST Piyungan sekarang masih dalam posisi transisi menuju hadirnya TPST yang lebih ideal, karena dalam posisi transisi ada problem teknis menyangkut pengaturan dan penjadwalan," kata Aman, dalam pembukaan Festival Disdagfest 2022 di Kota Jogja, Sabtu (29/10/2022)

Aman mendorong masyarakat mulai mengurangi sampah dari sumbernya. "Kami membuat perhitungan sampah anorganik di Kota Jogja 47% dari total sampah. Sampah kami per hari 260 ton yang dibawa ke Piyungan.

BACA JUGA: Sampaikan Solidaritas untuk Perempuan Iran, Sejumlah Orang di Jogja Potong Rambut

Aman mengatakan, bila 47% sampah anorganik dapat dipilah dan tidak dibuang ke Piyungan tetapi diolah sehingga bernilai ekonomi, volume sampah yang ada dapat berkurang.

"Sekarang kewajiban masyarakat [mengelola sampah]. Rencana kami tahun 2023 hukumnya wajib sampah yang akan dibawa ke TPA Piyungan hanya sampah organik, sampah anorganik berhenti di level masyarakat," kata Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Harga Pangan 2 Mei: Komoditas Beras dan Bawang Putih Naik

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement