Advertisement

Tidak Berizin, Menara Telekomunikasi di Ngestiharjo Bantul Disegel

Ujang Hasanudin
Kamis, 03 November 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Tidak Berizin, Menara Telekomunikasi di Ngestiharjo Bantul Disegel Personel Satpol PP Bantul saat menyegel menara telekomunikasi di Dusun Nitiprayan, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Bantul, Kamis (3/11/2022). - Istimewa/Dok. Satpol PP Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul menyegel bangunan menara telekomunikasi yang sudah berdiri di Dusun Nitiprayan, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul. Menara telekomunikasi tersebut disegel karena tidak berizin dan melanggar ketentuan.

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta mengatakan jawatannya sudah menyampaikan panggilan pertama dan kedua hingga ketiga tetapi tidak diindahkan oleh pemilik perusahaan menara telekomunikasi. Tim Pengawasan Pengendalian Menara Telekomunikasi dan Diskominfo Bantul juga sudah melayangkan surat peringatan pertama hingga ketiga tetapi tidak direspons oleh pemilik atau oleh pimpinan perusahaan pendirian menara telekomunikasi tersebut. Selain itu juga ada aduan keberatan dari warga sekitar menara pembangunan telekomunikasi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Karena tidak ada respons dari pemilik menara, Satpol PP melaporkan kasus tersebut ke Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang selanjutnya memerintahkan Satpol PP untuk melakukan penindakan.

“Satpol PP dan Diskominfo Bantul menyegel menara tersebut sampai pemilik menara melengkapi dokumen atau syarat atas pendirian menara telekomunikasi,” kata Yulius, melalui sambungan telepon, Kamis (3/11/2022).

Menurut Yulius, pemilik menara melanggar Peraturan Daerah (Perda) No.2/2021 tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi Bersama dan Peraturan Bupati (Perbup) No.79/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan  Perda Bantul Nomor 2 Tahun 2021.

Dalam perda tersebut, kata Yulius, pendirian menara telekomunikasi di wilayah itu maksimal ketinggiannya 26 meter, tetapi menara telekomunikasi di Dusun Nitiprayan RT01, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul adalah 32 meter. “Selain itu pemilik menara juga belum mengantongi izin pendirian menara,” katanya.

BACA JUGA: Waroeng SS Akhirnya Cabut Pemotongan BSU

Selain melanggar Perda No.2/2021, keberadaan menara telekomunikasi tersebut juga melanggar Perda No.4/2018 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perbup No.12/2019 tentang Mekanisme Penegakan Perda dan Perbup.

Advertisement

Yulius mengatakan saat penyegelan, menara tersebut memang belum beroperasi karena masih dalam tahap pembangunan dan pelengkapan sarana dan prasarana menara telekomunikasi. Namun menaranya sudah berdiri 32 meter.

Mumpung menara belum beroperasi, Satpol PP Bantul lebih dulu menyegel keberadaan menara tersebut. Yulius mengimbau kepada semua pengusaha pendirian menara telekomunikasi atau izin usaha lainnya agar melengkapi dulu izinnya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 5 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Lokasi Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina, Ini 3 Fakta Puro Mangkunegaran

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement