Advertisement

Rayakan HUT Kalurahan Canden, Bupati Bantul Ikut Menari bareng Warga

CRH22
Minggu, 06 November 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Rayakan HUT Kalurahan Canden, Bupati Bantul Ikut Menari bareng Warga Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih (kedua kanan) ikut menari Tari Rampak di lapangan Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Minggu (6/11/2022). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Hari Jadi ke-76 Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul di lapangan kalurahan setempat, Minggu (6/11/2022). Peringatan hari jadi kali mengambil tema Gumregah Gumbira Nyawiji Mbangun Desa.

Dalam peringatan tersebut, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih ditunjuk untuk menjadi inspektur upacara. “Ikut mangayu bagya atas peringatan peringatan Hari Jadi Kalurahan Canden, semoga semangat guyub rukun dan kompak terus dipertahankan. Tanpa adanya hal tersebut kita semua tidak bisa melaksanakan pembangunan dengan lancar,” ucap Halim, Minggu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Halim menyinggung soal tantangan dan tugas berat yang dihadapi ke depan. Tantangan tersebut, kata dia, di antaranya adalah pengentasan kemiskinan.

Halim berharap agar Kalurahan Canden mampu mengatasi segala permasalahan sosial, terutama putus sekolah, stunting, gizi buruk, angka kematian tinggi, hingga masalah sampah.

Hal tersebut menurutnya hanya bisa diatasi dengan sengkuyung bersama-sama. Dirinya juga mengatakan pentingnya guyub rukun untuk menciptakan persatuan dan kekompakan.

BACA JUGA: Kekerasan Seksual Atlet Berprestasi di Bantul, Polisi Panggil Terduga Pelaku

Dalam kesempatan tersebut Bupati Halim menyampaikan terkait dengan cita-cita yang terserap dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bantul 2021-2026 demi terciptanya Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan. "Untuk itu, perlu dipikul bersama-sama," kata dia.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, kata Halim, juga telah menyampaikan pentingnya membangun karakter  Kabudayan Satria yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat baik di tingkat pemerintah maupun masyarakat, tak terkecuali di Kalurahan Canden.

Advertisement

Adapun karakter Kabudayan Satria itu, masing-masing adalah nyawiji (bersatu), greget (fokus pada tujuan), sengguh (percaya diri), ora mingkuh (pantang menyerah), golong-gilig (gotong-royong), ngasah mingising budhi (mempertajam nurani), memasuh malaning bumi (menghindari marabahaya) dan hamemayu hayuning bawono (toleransi).

Dalam perayaan tersebut, sebanyak 15 padukuhan di Kalurahan Canden menampilkan iring-iringan potensinya masing-masing. Berbagai suguhan ditampilkan dalam acara kirab budaya yang ditampilkan. 

Dalam acara tersebut juga digelar tarian tradisional kolosal Tari Rampak. Uniknya, tak cuma warga, Bupati Bantul pun ikut menari.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kantor Nasdem Dilempar Telur Busuk, Demokrat Curiga Ada yang Ingin Adu Domba

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement