Advertisement

Dishub Sleman Akan Pasang Lampu Bangjo di Simpang OB Selokan Mataram

Anisatul Umah
Senin, 21 November 2022 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Dishub Sleman Akan Pasang Lampu Bangjo di Simpang OB Selokan Mataram Ilustrasi - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman akan memasang lampu bangjo atau alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di Simpang Outlet Biru (OB) Selokan Mataram.

Kepala Dishub Sleman Arip Pramana mengatakan saat ini yang berlaku baru manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Namun, cara itu kurang optimal. Dishub Sleman kemudian mengusulkan pemasangan lampu APILL di Simpang OB pada 2023.

Advertisement

"Kami berupaya mengajukan anggaran untuk pemasangan traffic light. Usul 2023, RAPBD baru tahap evaluasi mudah-mudahan nyantol. Kalau marka nanti ada sendiri, saya rasa itu bisa dilakukan bahkan sebelum APILL ada," ucapnya, Senin (21/11/2022).

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Sleman Bambang Sumedi Laksono menyampaikan pemasangan APILL baru diusulkan. Dia belum bisa memastikan kapan tepatnya lampu APILL akan terpasang.

"Diusulkan 2023, secara teknis kalau sudah tersedia anggaran baru kami bisa bilang bahwa ini sudah siap," paparnya.

Rekayasa lalu lintas di Simpang OB telah dimulai sejak 7 November 2022 setiap hari mulai pukul 15.00 sampai dengan 18.00 WIB. Rambu-rambu juga telah dipasang untuk mengarahkan ke jalur yang sesuai.

Menurutnya ada beberapa faktor pendukung dari keberhasilan rekayasa lalu lintas ini, terutama para pengguna jalan. Kurang efektifnya rekayasa lalu lintas karena adanya pelanggaran. "Nah dari sisi penegakan di Undang-Undang kewenangan di kepolisian, meski ini menjadi tanggungjawab bersama."

Sebelumnya Bambang menjelaskan rekayasa lalu lintas simpang OB dari arah barat menuju timur di Selokan Mataram. Di Perempatan OB, pengendaera bisa ke kiri dan lurus tapi tidak boleh belok kanan ke Jalan Wahid Hasyim. Lalu dari Jalan Tantular ke arah utara di perempatan, pengendara bisa ke kiri dan lurus, namun tidak boleh ke kanan. "Selokan Mataram dari barat ke timur satu arah," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement