Advertisement

Forum Bank Sampah Gelar Sarasehan

Media Digital
Rabu, 23 November 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Forum Bank Sampah Gelar Sarasehan Sarasehan Forum Bank Sampah Kotagede di Pendopo Kemantren Kotagede, Rabu (23/11/2022) - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogj.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja (Pemkot) mencanangkan pelarangan pembuangan sampah anorganik ke TPA. Untuk mewujudkannya, diperlukan upaya dari masyarakat memilah sampah.

Wakil Ketua Forum Bank Sampah Kota Jogja, Joko Sularno mengatakan Januari 2023 Pemkot mencanangkan zero sampah anorganik. Karenanya, Joko berharap sampah dapat selesai di sumber sampah.

Advertisement

Joko mengatakan pengolahan sampah anorganik akan mengandalkan bank sampah. "Kalau ini bisa diterapkan [pengolahan melalui bank sampah] untuk mengantisipasi sampah anorganik. Perubahan ini keluar [kebijakan pelarangan TPA menampung sampah anorganik], otomatis bank sampah akan kebanjiran anggota baru, atau anggota lama yang tidak aktif," kata Joko dalam Sarasehan Forum Bank Sampah, Rabu (23/11/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan Mantri Pamong Praja (MPP) bertanggung jawab mengarahkan dan mendampingi pada masyarakat. "Karena tiap rumah tangga harus melakukan pengolahan [sampah]," katanya.

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru mengatakan kebijakan pengolahan sampah perlu dukungan masyarakat, untuk itu kemantren akan melakukan sosialisasi intens. "Mulai dari pertemuan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga [PKK], RT, RW, forum bank sampah kemantren, forum bank sampah kelurahan, kami road show ke wilayah," kata Komaru.

Komaru mengatakan Kemantren Kotagede telah memiliki program pengolahan sampah. "Kita ada program pengurangan sampah anorganik maupun organik. Yang anorganik kita mengoptimalkan bank sampah, mengoptimalkan pengelolaan. Yang organik dengan biopori, lodong [wadah] sisa dapur [losida] dan ember tumpuk. Masing-masing kelurahan, mewajibkan setiap rumah tangga mempunyai losida," ucap Komaru. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement