Advertisement

Yuk! Jalan-Jalan ke Festival Oleh-Oleh di Teras Malioboro I, Bakal Ada Gratis 1.000 Nasgor

Abdul Hamied Razak
Minggu, 27 November 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Yuk! Jalan-Jalan ke Festival Oleh-Oleh di Teras Malioboro I, Bakal Ada Gratis 1.000 Nasgor Suasana pembukaan Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1, Sabtu (26/11/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Rangkaian Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 resmi dibuka, Sabtu (26/11/2022). Selain beragam oleh-oleh khas Jogja, pengunjung juga akan disuguhi oleh sejumlah atraksi. 

Saat pembukaan, pengunjung menikmati penampilan artis Woro Widowati dan pertunjukan kesenian khas Jogja. Di akhir festival, yakni pada 4 Desember mendatang, panitia menyediakan 1.000 porsi nasi goreng bagi pengunjung.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Festival ini ditargetkan akan dikunjungi ribuan pengunjung setiap harinya. "Festival Oleh-Oleh ini terbagi dalam beberapa kategori, baik kuliner, kerajinan maupun fesyen. Tujuannya, agar festival tersebut berlangsung meriah dan mengenalkan semua jenis dagangan di Teras Malioboro 1," ujar Kepala Balai Layanan Bisnis UMKM Dinas Koperasi dan UKM DIY, Hellen Phornica di sela-sela pembukaan.

Dijelaskan Hellen, kategori Teras Malioboro Culture Fest digelar selama 26-28 November di mana pengunjung disuguhi berbagai stan fesyen, aneka topi, sepatu, aksesoris dan beragam bakpia.

Selama 29 November-1 Desember, di tempat yang sama digelar Festival Kerajinan Teras Malioboro didukung pentas kesenian daerah di mana oleh-oleh yang disajikan berupa stan batu mulia, kerajinan kayu, pernak pernik, bantal dan lukisan.

"Terakhir, pada 2-4 Desember 2022 kami angkat tema Festival Masakan Teras Malioboro, meliputi stan yang terdiri dari gudeg pecel, street food, bakmi serta lainnya. Pada hari terakhir festival ditutup dengan Masak Besar Gratis sebanyak 1.000 Nasi Goreng," ujar Hellen.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY: 19 Kasus Meninggal dalam Sepekan Terakhir

Festival tersebut digelar, katanya, untuk menyambut musim liburan akhir tahun sekaligus untuk memperkenalkan Teras Malioboro 1 kepada para wisatawan. Di lokasi ini pengunjung bisa berbelanja sekaligus berwisata. Wisatawan, lanjutnya, tidak perlu khawatir dengan mode pembayaran di Teras Malioboro 1, karena sebagian besar tenant menggunakan sistem QRIS untuk memudahkan transaksi.

"Untuk menyemarakan Festival Oleh-Oleh tahun ini, kami menggandeng banyak pihak. Tujuannya agar festival ini dapat tersampaikan keseluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya DIY," ujar Hellen.

Dia berharap, Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 tahun ini dapat menarik minat para wisatawan dan mengenalkan Teras Malioboro 1 di mata para wisatawan lokal maupun mancanegara serta dapat menciptakan sebuah romansa Jogja sebagai sebuah kota yang selalu punya cara membawa wisatawan ingin kembali ke tempat ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop-UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi menambahkan Teras Malioboro 1 merupakan tempat beraktivitas ekonomi para tenant baik fesyen, kerajinan tangan maupun kuliner yang sebelumnya mereka berada di sepanjang Jalan Malioboro. Sejak dibuka, Teras Malioboro 1 selalu berkomitmen untuk menjadi tempat favorit dan ikonik bagi wisatawan. 

"November dan Desember dianggap sebagai bulan dengan jumlah kunjungan wisatawan di DIY cukup tinggi khususnya di daerah Malioboro yang menjadi salah satu tempat favorit dan destinasi terakhir untuk menikmati musim liburan setelah puas mengunjungi berbagai lokasi wisata di DIY," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement