Advertisement

Jelang Pemilu 2024, Kominfo DIY Edukasi Puluhan Emak-Emak Lawan Hoaks

Media Digital
Kamis, 01 Desember 2022 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Jelang Pemilu 2024, Kominfo DIY Edukasi Puluhan Emak-Emak Lawan Hoaks Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY menyosialisasikan literasi digital kepada puluhan ibu-ibu pengurus Srikandi Kota Jogja di Ruang Aula Kresna Kominfo DIY, Kamis (1/12/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY menyosialisasikan literasi digital kepada puluhan ibu-ibu pengurus Srikandi Kota Jogja.

Sosialisasi berjudul Literasi Digital Melawan Hoaks digelar di Ruang Aula Kresna Kominfo DIY, Kamis (1/12/2022). Sosialisadi literasi digital diadakan guna menangkal hoaks menjelang Pemilu 2024.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sosialisasi tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang mengulas berbagai sisi terkait mengenai hoaks seperti Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY; Agus Muhammad Yasin, anggota Divisi Hukum dan Penyelesain Sengketa Bawaslu DIY; dan Ahmad Irwan, Kanit II Subdit Ditreskrimsus Polda DIY.

Agus Muhammad Yasin mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menjamin integritas pemilu mulai dari pengawasan hingga hasil pemilu. Menurutnya tantangan besar dalam Pemilu adalah politik uang dan disinformasi.

Money politic dan hoaks. Ini isu yang jika tidak ditindak serius, masyarakat akan terjebak ke dalam arus hoaks,” ujar Agus.

Menurutnya, media sosial memiliki dua efek yang kelak dapat membuat pemilu menjadi lebih buruk. Agus mengatakan media sosial bisa menjadi penyubur sekaligus pembunuh demokrasi. Dirinya mengharapkan masyarakat dapat terlibat aktif dalam menangkal hoaks.

Sementara itu, Kanit II Subdit Ditreskrimsus Polda DIY Ahmad Irwan mengharapkan Pemilu 2024 dapat  menjadi pemilu berbudaya. Para pemilih bisa saling bisa menghargai meskipun berbeda dalam pandangan politik. “Penggunaan gadget seperti pisau bermata dua, bisa digunakan untuk sesuatu yang positif maupun negatif,”kata Irwan.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo DIY Risris Puspita Wijaya mengatakan perempuan dapat menguatkan lingkungan sekitar untuk menangkal hoaks.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menyebut pihaknya akan terus bekerja sama dengan Kominfo DIY dalam melakukan sosialisasi hingga tingkat terbawah. Komisi A DPRD DIY bersama dengan mitra kerja akan  terus memperkuat edukasi ke masyarakat.

Dirinya berharap masyarakat Jogja bisa menjadi contoh dalam bermedia sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement