Advertisement

Selamat! Pemkab Sleman Terima Penghargaan Anugerah Meritokrasi

Media Digital
Kamis, 08 Desember 2022 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Selamat! Pemkab Sleman Terima Penghargaan Anugerah Meritokrasi Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menerima piagam penghargaan Anugerah Meritokrasi dari KASN, Kamis (8/12/2023) di Hotel Grand Sahid, Jakarta. - Ist Humas Sleman

Advertisement

SLEMAN—Pemkab Sleman mendapat piagam penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kamis (8/12/2023) di Hotel Grand Sahid, Jakarta. 

Penghargaan meritokrasi  merupakan bentuk apresiasi KASN atas komitmen dan dukungan kepada kepala daerah terhadap optimalisasi dan akselerasi penerapan Sistem Merit dalam Kebijakan dan Manajemen ASN di lingkungan Instansi Pemerintah.

Advertisement

Kepala Komisi Aparatur Sipil Negara, Agus Pramusinto, menjelaskan penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Sleman meraih Kategori IV atau Sangat Baik, dengan Nilai 336, dan Indeks 0,82.

Pada 2022, KASN telah melakukan penilaian terhadap penerapan sistem merit kepada 460 instansi pemerintah. Agus menerangkan, 60 instansi pemerintah dikategorikan sangat baik, 157 instansi mendapat predikat baik, 71 instansi termasuk kategori kurang dan 172 instansi tergolong buruk.

Tahap penilaian dilakukan terhadap delapan aspek manajemen ASN, yakni aspek perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Ia berharap dengan adanya penghargaan tersebut dapat memacu semangat untuk meningkatkan kualitas manajemen ASN. "Kami berharap prestasi ini dapat menjadi pemicu untuk kebaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN," katanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menilai penghargaan Anugerah Meritokasi menjadi kegiatan pengukuran yang penting bagi upaya memperbaiki kinerja ASN. Dengan demikian penguatan kebijakan  dapat mendorong kinerja ASN menjadi lebih baik. 

"Oleh karena itu penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit ini menjadi sangat penting dalam upaya untuk mendorong kinerja kita bersama," ungkapnya.

BACA JUGA: Melayang di Atas Ring Road Barat, Lebar Jalan Tol Jogja YIA Mencapai 30 Meter

Ia juga menekankan pentingnya upaya untuk mereformasi birokrasi di Tanah Air. Reformasi struktural akan menjadikan instansi pemerintah semakin sederhana, simpel, dan lincah. “Harapan kita ke depan, core value baru akan menjadi bagian dari upaya kita untuk terus memperbaiki pelayanan publik," katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan penghargaan ini menjadi bukti usaha keras seluruh pihak yang terus berupaya meningkatkan manajemen ASN di Sleman menjadi lebih baik. "Semoga tidak hanya berhenti sampai di sini, namun juga bisa terus meningkat," ucap Kustini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 56 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement