Advertisement

Pengasuh Berkisah soal Erina Gundono, Masa Kecilnya Suka Nasi Sup dan Tempe Goreng

Anisatul Umah
Kamis, 08 Desember 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Pengasuh Berkisah soal Erina Gundono, Masa Kecilnya Suka Nasi Sup dan Tempe Goreng Sarjinem bercerita tentang Erina Gundono di rumahnya, Kamis (8/12/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep meminang salah satu gadis Sleman bernama Erina Gudono. Pernikahannya akan digelar dua hari lagi tepatnya pada 10 Desember 2022. Lalu seperti apa sosok Erina?

Pengasuh Erina semasa kecil Sarjinem, 56 bercerita jika Erina merupakan sosok yang pendiam sejak kecil. Dia mengasuh Erina sekitar usia 2-2,5 tahun sampai Erina duduk di bangku SMP.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Erina yang pendiam semasa kecil menurutnya cukup susah disuruh makan. Dia harus berkeliling kompleks untuk ndulang atau menyuapi Erina agar makanannya bisa habis.

Namun demikian makanan kesukaan Erina sederhana. Sayur sup dengan lauk tempe atau makan dengan telur mata sapi. Tidak hanya Erina, Sarjinem juga mengasuh ketiga saudara Erina, dua kakanya dan satu adiknya.

"Alhamdulillah anaknya berempat sukanya nasi sup, gampang. Lauknya tempe. Kadang cuma telor diceplok mata sapi," ucapnya ditemui di rumahnya yang tidak jauh dari rumah Erina, Kamis (8/12/2022).

Mbak Sar sapaan akrabnya menyebut jika rumah lamanya berada di depan rumah Erina. Dia mengasuh Erina beserta kakak adiknya karena kedua orang tua Erina bekerja.

"Erina anaknya sejak kecil pendiam, ya sampai sekarang masih pendiam. Jadi Ibu dan Ayahnya semua bekerja. Kalau ditinggal orang tuanya, anak-anaknya dititipkan ke saya," kenangnya.

BACA JUGA: Pengajian dan Semaan Al-Qur'an Awali Rangkaian Pernikahan Kaesang-Erina

Saat SD, kata Mbak Sar, Erina bersekolah di SD Sapen, dilanjutkan ke SMP Negeri 5 Kotabaru, dan SMA 3 Yogyakarta. Menurutnya Erina tidak bandel, justru yang bandel semasa kecil adalah kakak pertama Erina yang suka komplain dengan adik-adiknya.

"[Yang paling berkesan] pas mau nyuapin Erina sulit. Kalau tak kasih makan kadang anaknya buka mulut saja sulit. Jadi harus telaten, sampai anaknya besar saya telaten," kata Mbak Sar.

Mbak Sar bekerja mengasuh anak-anak Bapak Gudono ayah Erina selama tujuh tahun. Dia mengenang dulu Ibunda Erina sebelum pergi bekerja menitipkan anak-anaknya ke dirinya. "Mbak Sar, ini anaknya diopeni. Njuk tak bawa pulang, njuk tak mandiin, njuk nanti tak suapin," ucapnya.

Jelang pernikahan Erina, dia berharap agar Erina bisa langgeng dengan Kaesang. Menjadi keluarga yang Sakinah, Mawadah, dan Warahmah.

"Mbak Erina, semoga hidup mbak Erina dan Mas Kaesang bisa langgeng. Jangan melupakan Mbak Sar, pas kecil udah tak gendong," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catat Rekor, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi dalam Sewindu

News
| Senin, 06 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement