Advertisement

Sistem Satu Arah Diberlakukan di Jalur Wisata, di Tebing Breksi hingga Pantai Gunungkidul

Lugas Subarkah
Kamis, 22 Desember 2022 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Sistem Satu Arah Diberlakukan di Jalur Wisata, di Tebing Breksi hingga Pantai Gunungkidul Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Sleman, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ditlantas Polda DIY akan memberlakukan sistem satu arah untuk sejumlah jalur objek wisata di Jogja dan sekitarnya untuk mengantisipasi kemacetan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Walau lalu lintas padat, kendaraan tetap bisa terus berjalan.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Alfian Nurrizal, mengatakan pada libur Nataru diperkirakan 5 juta wisatawan yang akan datang ke DIY. Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, polisi akan disiagakan di jalur-jalur 35 objek wisata.

Advertisement

Rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan dengan menerapkan sistem satu arah di beberapa jalur objek wisata favorit, seperti Tebing Breksi, Bukit Obelix, Pantai di Gunungkidul, Heha Ocean, Parangtritis dan sebagainya.

“Kami sudah lakukan beberapa rekayasa. Jadi kami lakukan untuk one way, jadi tidak akan menjadi dua arus, sehingga tidak ada perubahan arus. Demikian juga yang ada di Parangtritis, Jembatan Kretek II sudah jadi sehingga tidak akan jadi ada trouble, sehingga akan jadikan one way juga,” ujarnya, Kamis (22/12/2022).

BACA JUGA: Adang Bus Wisata di Gedongkuning, Elanto Kritik Wisatawan yang Minta Kawal Polisi

Dengan sistem satu arah, diharapkan tidak akan terjadi antrean kendaraan maupun kemacetan. “Jadi kepadatan lalu lintas ada, tapi kami jamin tidak stagnan, roda berputar dan tetap arus lalu lintas berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ditlantas Polda DIY juga akan memasang 40 CCTV di titik-titik pintu masuk DIY untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk. “Yang pertama di Tempel, Temon, Prambanan dan Piyungan sehingga kami akan melihat berapa kendaraan yang masuk yang perlu kami antisipasi,” katanya.

Pada malam pergantian tahun, masyarakat bisa merayakannya di Tugu, Malioboro dan Titik Nol. Pengalihan arus Malioboro akan diajukan sejak pukul 17.00 WIB. Sementara di Tugu, arus akan dialihkan pada pukul 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement