Advertisement

Penyakit LSD Ditemukan 2 Sapi di Sleman, Ini Instruksi Bupati

Triyo Handoko
Senin, 26 Desember 2022 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Penyakit LSD Ditemukan 2 Sapi di Sleman, Ini Instruksi Bupati Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman mengkonfirmasi menemukan dua sapi di daerahnya mengidap penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang menyerang kulit hewan ternak. Penanganan sudah dilakukan terhadap dua sapi tersebut. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta masyarakat khususnya peternak untuk berhati-hati.

Kepala DP3 Sleman Suparmono menjelaskan penemuan pertama LSD pada sapi pada Selasa (20/12/2022) di sebuah peternakan di Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman. “Lalu dari petugas Puskeswan melakukan tes laboratorium yang hasilnya keluar pada 23 Desember 2022 hasilnya positif. Jadi hasil pengujian LSDV PCR real time menunjukkan dua ekor sapi di kandang tersebut hasilnya positif," katanya, Senin (26/12/2022).

Advertisement

Setelah mengetahui dua sapi positif LSD, jelas Suparmono, dinasnya langsung melakukan penelusuran asal usul hewan ternak tersebut. “Lalu diketahui dua sapi itu diperoleh dari pembelian di Ambarketawang, Gamping dan kami langsung karantinakan dua ekor sapi tersebut,” jelasnya.

Suparmono menjelaskan LSD menyerang sapi dan kerbau dengan tingkat kematian di bawah 10%. “Cirinya ada benjolan di kulit sekitar leher, sapi juga kehilangan nafsu makan. LSD adalah penyakit dari virus jadi bisa menular, makanya dikarantina selama 28 hari dan sudah diobati juga,” ujarnya.

BACA JUGA: Rumah Jaksa KPK di Jogja Disatroni Maling, yang Hilang Cuma Laptop

Koordinasi sudah dilakukan Suparmono dengan berbagai pihak. “Salah satunya dengan kementerian, agar ada vaksinasi supaya mencegah penularan lebih luas,” terangnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo atas kejadian ini meminta masyarakat khususnya peternak untuk lebih berhati-hati. “Peternak juga diimbau agar segera melaporkan kejadian penyakit ternaknya kepada petugas Puskeswan terdekat, melakukan pemisahan ternak sakit [isolasi] serta rutin membersihkan kandang,” katanya.

Kustini menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY untuk kemudian dilanjutkan ke Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Kementerian Pertanian. "Kami sudah minta melalui pemerintah provinsi untuk meminta vaksin ke Kementerian. Nantinya vaksinasi akan segera dilakukan jika vaksin sudah kami terima," ujarnya.

Kebersihan kandang dan kualitas pakan, jelas Kustini, harus mulai diperhatikan lebih baik bagi peternak. "Kami juga minta kandang ternak itu biosecuritynya ditingkatkan, diberi desinfeksi secara rutin, ternak diberikan pakan yang bersih dan berkualitas, serta pengendalian lalu lintas hewan rentan dengan segera dilakukan vaksinasi LSD," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement